Jumat, 24 Juli 2020

4 Hal yang Wajib Dipertimbangkan, Sebelum Menentukan Harga Sewa Kamar Kost

Mempunyai bisnis kosan adalah impian beberapa orang, tapi ketika jika sudah mempunyai bisnis tersebut pertanyaan selanjutnya adalah berapa harga sewa dari kamar kost nya?

Karena bila terlalu mahal, maka kemungkinan peminatnya akan sepi. Bila terlalu rendah, maka bisnis tersebut akan kesulitan memperoleh untung yang kecil. Karena itu penting untuk menghitung harga sewa kos yang akan dikenakan. 

Jadi ini adalah beberapa tips jika akan menentukan harga kost, apa yang dipertimbangkan dan juga bagaimana menghitung pengeluaran dan potensi untung yang didapat:

 

1. Hitung Semua Biaya

Dalam bisnis kosan, semua biaya harus dihitung secara mendetail. Mulai dari pembangunan, biaya renovasi, biaya pembelian furniture seperti tempat tidur, lemari, meja, AC, televisi, kulkas dan lainnya. Lalu juga biaya yang kemungkinan ada tiap bulannya seperti tagihan listrik, air, gaji pembantu, satpam dan pembantu.

 

2. Fasilitas yang Akan Ditawarkan

Untuk harga kos biasanya bermacam-macam karena fasilitas yang ditawarkan. Entah itu ukuran kamar, AC, kamar mandi, tempat tidur dan lainnya. Hal ini jelas menentukan biaya tiap masing-masing kamar. Di satu kost, mungkin saja tiap kamar harganya berbeda atau semua kamar disamaratakan.

 

3. Lokasi

Lokasi juga menjadi faktor penting dalam menentukan harga kost. Apakah kost ini berada di dekat area perkantoran atau berada di dekat kampus. Lokasi bisa saja berpengaruh besar dengan harga. Biasanya makin strategis lokasi tersebut bisa saja harganya melambung tinggi meskipun dari segi fasilitas biasa-biasa saja.

 

4. Riset Harga Kos yang Lain

Diharapkan sebelum menentukan harga sewa kos melakukan riset dengan membandingkan harga kost yang lain. Jangan sampai harga sewa terlampau tinggi dibandingkan dengan yang lain dengan fasilitas yang sama.

 

Admin Cokro

admin@cokro.id