Selasa, 21 Juli 2020

5 Tips Bikin Kamar Kos Tanpa AC yang Hemat dan Ramah Lingkungan, Bisa Jadi Pilihan Pas

Memang sekarang Air Conditioner (AC) jadi salah satu syarat wajib kenyamanan  sebuah kamar kos. Namun melihat perkembangan saat ini, ternyata banyak juga penghuni kos yang menghindari penggunaan AC. Selain alasan harga kamar yang lebih murah, pertimbangan lingkungan hidup juga jadi pertimbangan mereka.

 

AC yang menggunakan freon, diyakini memang akan memancarkan polusi yang merusak lapisan ozon. Semakin banyaknya  generasi muda yang menyadari hal ini, membuat mereka berpikir dua kali untuk menggunakan kamar kos ber AC, apalagi untuk daerah Malang yang sudah terkenal dengan hawa sejuknya.

 

Lalu bagaimana cara merancang kamar kos tanpa AC yang tetap memiliki sirkulasi udara segar dan nyaman? Berikut tips dan triknya dari Cokro, yang dilansir dari berbagai sumber:

 

1.    Mengurangi penggunaan lampu dalam ruangan

Anda bisa mengurangi penggunaan lampu indoor alias dalam ruangan, terutama di siang hari. Karena sinar dari lampu bisa memberikan kesan hangat, yang terkadang di siang bolong justru membuat makin panas.

Menyediakan lampu baca/ tidur di kamar kos, juga membuat penghuni tidak menggunakan lampu utama di malam hari, sehingga bisa membuat tidur semakin berkualitas, plus bisa menghemat penggunaan listrik.

 

2.    Memastikan ventilasi ruangan ada dan cukup

Ventilasi jadi kebutuhan utama dalam membuat kamar kos yang nyaman tanpa penggunaan AC, apalagi pada kamar yang tidak luas. Karena, ventilasi akan berperan penting dalam pergantian udara dari dalam ke luar kamar.

Sehingga, anda harus bisa memastikan bahwa setiap kamar kos anda, memiliki ventilasi yang cukup, agar setiap pagi udara yang sejuk bisa masuk dengan bebas ke dalam kamar, dan memberikan rasa segar kepada para penghuni, tanpa harus mengandalkan AC.

 

3.    Selalu singkirkan debu dari kamar

Selain membuat kamar menjadi kotor, intensitas debu yang tinggi juga bisa membuat kesehatan menjadi terganggu. Udara yang dihirup menjadi terpapar dengan debu, yang akhirnya membuat saluran pernafasan jadi bermasalah, atau yang biasa kita bilang dengan pengap, bahkan sampai penyebab asma.

Oleh sebab itu, jika memang layanan kebersihan kamar tidak termasuk dalam paket kos di tempat anda, maka anda bisa selalu menyarankan kepada penghuni kos untuk rajin membersihkan kamar, sehingga membuat udara makin segar.

Namun jika kebersihan kamar kos juga menjadi bagian layanan anda, penggunaan vacuum cleaner akan memaksimalkan pembersihan kamar kos, dan membantu menyingkirkan debu dengan lebih baik lagi.

 

4.    Rapikan barang agar tidak terkesan penuh

Sebelum mendapatkan penghuni, pastikan kamar kos tanpa AC anda tidak terdapat banyak barang di dalamnya. Karena barang yang terlalu penuh juga akan membuat kamar kos terasa makin gerah.

Setelah kamar kos mendapatkan penghuni, anda juga bisa menyarankan kepada penghuni nya, untuk bisa menata barang dengan lebih rapi, dan tidak memasukkan barang yang kurang berguna. Hal tersebut, untuk menjaga agar sirkulasi udara di kamar kos tetap terjamin kualitasnya.

Sediakan lemari/ organizer bagi penghuni kos, agar mereka bisa menata barang dengan baik dan rapi.

 

5.    Meletakkan kipas angin di lokasi yang pas

Ketika anda memutuskan membuat kamar kos tanpa AC, maka bisa jadi kipas angin adalah pilihan tepat bagi anda, untuk memastikan sirkulasi udara di dalam kamar kos tetap terjaga kualitasnya.

Namun demi efektivitas sang kipas angin, anda juga harus bisa mengatur lokasi peletakannya dengan baik di dalam kamar, agar udara yang dialirkan bisa bergulir dengan maksimal ke seluruh ruangan, dan memberikan hawa segar bagi penghuni kamar kos.

Beberapa poin bisa anda pilih untuk meletakkan kipas angin. Yang paling utama adalah meletakkan tepat di tengah ruangan bagian atas, sehingga udara bisa mengalir dengan baik ke seluruh bagian kamar.

 

Itulah tadi beberapa tips, bagi anda yang ingin menyediakan kamar kos tanpa AC, yang selain bisa merusak lingkungan, juga menghemat pengeluaran anda dalam rekening listrik bulanan. 

Admin Cokro

admin@cokro.id