Minggu, 13 Desember 2020

3 Fasilitas Tambahan Yang Bikin Kos-Kosan Jadi Rame di 2021

Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun yang kelam bagi banyak bisnis. Salah satunya usaha kos-kosan. Ya, karena memang sewa kos, sangat mengandalkan arus perpindahan manusia, baik untuk belajar maupun bekerja. Suatu hal yang paling dihindari selama pandemi Covid-19.

Namun pada 2021 diprediksi situasi tersebut berangsur membaik, seiring sudah mulai dibuatnya vaksin untuk menangani virus dengan nama lain Corona ini.

Sehingga tentu menjadi kabar baik bagi anda yang memilik usaha kos-kosan. Namun untuk bisa mengembalikan iklim bisnis rumah kos agar kembali seperti semula diperlukan sejumlah persiapan dan strategi. Berikut Cokro Indonesia akan berbagai kepada anda, fasilitas apa yang perlu ditambahkan agar kos-kosan kembali ramai pada 2021 mendatang.

  1. Fasilitas olahraga sederhana

Kesehatan jadi isu penting pada 2020. Tentu hal ini masih akan berlanjut pada 2021 mendatang. Berolahraga untuk mendukung kesehatan dipastikan masih akan menjadi tren di tengah masyarakat, meskipun bisa jadi pandemi Covid-19 sudah mulai mereda.

Oleh karena itu, keberadaan fasilitas olahraga di rumah kos, dipastikan akan jadi magnet yang mampu menjadi daya tarik untuk para calon penyewa kamar kos.

Anda tidak perlu membuat pusat kebugaran yang mewah. Cukup sediakan ruang kecil (baik terbuka maupun tertutup), kemudian anda lengkapi dengan beberapa barbel dan peralata angkat berat lain.

Jika anda menyediakan tempat terbuka, maka anda bisa menyediakan ring basket sederhana, atau juga net untuk bermain bulutangkis berserta dengan cock dan raketnya.

2. Standar kebersihan tinggi

Masih dalam isu kesehatan, maka hal berikutnya yang jadi perhatian bagi calon penyewa adalah kebersihan. Anda harus bisa menunjukkan kepada calon anak kos,sepertu apa standar kebersihan di usaha kos-kosan anda.

Standar kebersihan tinggi, bukan berarti anda harus memiliki petugas cleaning service khusus, yang tentu juga perlu biaya besar.

Anda cukup dengan melakukan: rajin memembersihkan rumah kos dalam periode tertentu, menyediakan fasilitas cuci tangan, tempat sampah dan hand dan air sanitizer, serta juga bisa menunjukkan kebersihan kamar dan kamar mandi di kosan, dalam berbagai promosi anda.

3. Co Working Space ( ruang kerja bersama)

Tren work from home (WFH) diperkirakan juga masih akan terus menjadi tren pada 2021. Sehingga, bisa jadi keperluan para penghuni kos adalah ruang kerja bersama, atau yang juga dikenal dengan Co Working Space.

Konsep Co Working Space sendiri adalah, sebuah ruang kerja yang bisa digunakan bersama  - sama. Fasilitas utama dalam sebuah working space antara lain, WiFi dan suasana kerja yang nyaman dan tenang.  Ruangan dengan model semi terbuka, juga kini sedang diminati untuk Co Working Space, karena dinilai lebih sehat.

Anda bisa menyediakan Co Working Space dengan mengambil satu sudut rumah kos, atau menjadikan satu dua atau lebih kamar yang mungkin sulit anda jual selama ini.

Keberadaan Co Working Space di rumah kos, akan jadi daya tarik yang menarik bagi para calon penyewa kamar kos. Selain itu, anda juga bisa menyewakan Co Working Space ini kepada orang di luar penyewa kosan.

Admin Cokro

adm[email protected]