Senin, 11 Januari 2021

3 Laporan Manajemen Yang Wajib Dimiliki Para Pengusaha Kos-Kosan

Dalam manajemen pengelolaan bisnis kos, pembukuan atau neraca kas menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Karena berkaitan dengan bagaimana kita bisa mengetahui kondisi keuangan, laba rugi, serta bagaimana prospek indekos yang kita miliki ke depannya.

Namun karena karakternya yang unik, maka ada beberapa hal yang wajib anda masukkan ke dalam buku laporan keuangan khusus untuk bisnis rumah kos. Hmm apa saja ya itu, simak ulasannya bersama Cokro Indonesia berikut ini.

1.       Laporan keluar masuk kas (neraca)

Neraca menjadi hal yang paling wajib ada, dalam laporan keuangan sebuah manajemen bisnis kos-kosan. Anda harus bisa membuat laporan kas (keluar masuk keuangan) secara rinci dan detail. Mengingat untuk kos-kosan, ada banyak item keuangan keluar baik yang reguler maupun juga yang insidentil.

Termasuk pengeluaran reguler adalah: pembayaran berbagai tagihan bulanan. Mulai dari iuran RT/RW, sampah, tagihan listrik, air dan internet.

Kemudian, yang termasuk tagihan insidentil alias dadakan, bisa banyak sekali. Seperti misalnya: biaya perbaikan dan pemeliharaan bangunan, sumbangan – sumbangan hari besar, atau mungkin biaya berobat untuk anak kos yang sakit di kos-kosan.

 

2.       Pembayaran tertunda

Tidak jarang anak kos akan menunda pembayaran karena berbagai sebab. Misalnya uang kiriman yang belum ditransfer oleh orangtua dari kampung halaman. Nah, khusus untuk yang bayarnya telat – telat ini nih, anda bisa membuatkan sebuah laporan tersendiri, sehingga tidak akan mengganggu buku besar keuangan anda. Dan jangan lupa untuk ditagih ya, rekan Juragan Kos.

Nah, kendala semacam ini tidak akan terjadi, jika sistem penagihan sudah berbasis  daring. Dimana anak kos, akan membayar tagihannnya secara otomatis dari rekening ke rekening anda. Seperti halnya yang kami terapkan di Cokro Host. Sehingga anda tidak akan lagi mendapatkan pembayaran yang tertunda, atau juga repot mengejar –ngejar tagihan.


3.       Memo pengingat (reminder)

Mengurus kos-kosan itu sangat kompleks lho. Selain bayar tagihan, anda juga harus mengawasi anak kos, mengecek bangunan saluran air, dan banyak hal, demi memastikan semua fasilitas tetap berjalan dengan baik dalam melayani kebutuhan anak kos.

Karenanya, anda juga memerlukan sebuah catatan kecil alias reminder. Bisa anda masukkan dalam buku, atau juga dalam notes di ponsel pintar. Catatan ini akan membantu mengingatkan anda, tentang segala perihal yang terkait dengan kegiatan di bisnis kos.

Itulah tadi tiga hal yang perlu anda miliki dalam pembukuan manajemen kos-kosan. Dengan harapan bisnis ini bisa memberikan profit maksimal. Nah, kalau mau manajemen kos yang mudah dioperasionalkan dan gratis, serta modern, anda bisa bekerja sama dengan aplikasi Cokro Host. Dengan langsung mengunduh di Google Play Store.