Jumat, 27 November 2020

3 Tips Bagi Milenial Agar Cerdas Dalam Mengelola Dana Selama Resesi

Saat ini pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada banyak aspek kehidupan umat manusia. Bukan hanya kesehatan dan juga gaya hidup, namun juga ekonomi dunia. Saat ini perputaran ekonomi terus melambat, selama pandemi masih ada di muka bumi.

Masa dalam serba tidak pasti, membuat setiap manusia harus bisa beradaptasi, termasuk menerapkan pola keuangan yang lebih cerdas.

Khususnya bagi generasi milenial yang belum memiliki banyak pengalaman tentang finansial. Diharapkan bisa lebih cerdas dan bijaksana dalam mengelola keuangan.

Berikut adalah tips mengelola keuangan bagi milenial yang diolah Cokro dari berbagai sumber:

 

1.    Belanja sesuai dengan kebutuhan

 

Kalian harus mulai bisa mengenali, mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya menjadi keinginan sebelum membelanjakan uang dalam kehidupan sehari  - hari. Hal tersebut demi bisa lebih menghemat pengeluaran.

Karena antara kebutuhan dan keinginan terkadang hanya tipis sekali perbedaannya. Sehingga kamu harus benar – benar menganalisa dan memprioritaskan yang masuk dalam skala kebutuhan.

 

2.    Terus isi hari dengan kegiatan positif dan produktif

 

Punya pekerjaan sampingan sebagai freelancer serta pengembangan diri, adalah cara untuk menghindarkan diri dari berbelanja sesuai dengan keinginan dan nafsu.

Jika punya dana lebih alias modal, kamu bisa berupaya mengembangkan bisnis yang sesuai dengan keinginan dan skill yang kamu miliki.


 

3.    Menjaga dana bulanan serta dana darurat

 

Sangat penting bagi kamu, untuk bisa menjaga aliran dana dan dana darurat di setiap bulannya. Setidaknya dana darurat yang menjadi cadangan adalah enam kali dari pengeluaran rutin bulanan.

Misalnya dana bulanan Rp 1 juta, maka dana cadangan yang harus disediakan adalah Rp 6 juta.

Disamping itu aliran dana bulanan juga harus terus terjaga. Karena dana tersebut termasuk pengeluaran kebutuhan. Seperti bayar kontrakan, kos, listrik, pulsa dan bensin.