Sabtu, 13 Februari 2021

3 Tips Marketing Kos-Kosan di Tahun 2021

Tahun 2020 bisa jadi menjadi tahun yang suram bagi banyak lini bisnis, seperti juga kos-kosan. Pembatasan sosial dan pergerakan manusia akibat pandemi Covid-19 jadi penyebabnya. Sehingga di tahun 2021 kita memerlukan strategi pemasaran yang berbeda.

Belajar dari pengalaman di 2020, tentu bisnis persewaan properti, seperti indekos memang harus bangkit. Tidak mudah memang, khususnya bagi rumah kos berbasis mahasiswa dan pelajar. Karena hingga semester I 2021, semua pembelajaran masih mengadopsi daring alias online.

Lalu strategi pemasaran apa yang bisaditerapkan para pemilik rumah kos, agar bisnis nya kembali bangkit dan menghasilkan cuan? Simak ulasan dari Cokro Indonesia berikut ini:

1.Refocusing dan Retargeting

Masih belum kondusifnya pandemi di Tanah Air, sangat berpengaruh kepada dunia pendidikan tinggi, yaitu perkualiahan. Sehingga bagi anda yang memfokuskan target pasar ke segmen mahasiswa, harus mulai berani berpikir ulang untuk menentukan target baru.

Karena perlu kita ketahui juga, bahwa dunia kerja dan bisnis masih terus bergeliat, dan mulai menunjukkan pertumbuhan, meskipun masih belum signifikan. Sehingga arus orang yang bekerja di luar kota mulai kembali bangkit, dibanding pada pertengahan 2020 yang begitu sepi.

Anda harus bisa menangkap peluang ini, dengan mengubah pasar kos-kosan anda dari mahasiswa menjadi kelas pekerja, dan juga kos harian. Karena pasar untuk pekerja yang melakukan perjalanan dinas juga selalu ada.

2. Tonjolkan kebersihan dan higinitas

Zaman sekarang masalah kebersihan,dan kesehatan menjadi nomor wahid bagi banyak lapisan masyarakat, termasuk juga calon penghuni kamar kos, yang sedang berburu huniannya. Sehingga anda sebagai owner rumah kos, harus memperhatikan betul yang namanya kebersihan.

Setelah anda memastikan bahwa rumah kos anda sudah benar – benar bersih, maka anda bisa menggunakannya sebagai ‘senjata andalan’ dalam berjualan. Dalam setiap promosi dan iklan yang anda buat, tonjolkan level kebersihan serta higinitas rumah kos anda. Karena, hal ini tentu saja akan menjadi nilai plus bagi mereka yang berkeininan untuk ngekos.

3. Maksimalkan jalur pemasaran online yang tersedia

Saat ini sudah tersedia banyak sekali jalur pemasaran secara online, yang wajib anda maksimalkan. Karena banyak diantaranya gratis dan bisa berfungsi secara optimal. Sebut saja berbagai media sosial, mulai Twitter, Facebook, Instagram, hingga YouTube.

Bahkan jalur pemasaran seperti market place dan aplikasi penyedia layanan persewaan properti yang kini banyak tersedia juga harus anda gunakan. Salah satunya adalah Cokro Host. Salah satu aplikasi penyedia manajemen kos terlengkap di Indonesia, yang juga dilengkapi dengan pemasaran kamar kos yang mampu menjangkau orang se Indonesia Raya.

Penasaran dengan Cokro Host? Unduh secara gratis sekarang juga di Play Store dan App Store