Rabu, 14 Oktober 2020

4 Kiat Buat Kamu Yang Lagi Mau Nyari Kos-Kosan Biar Makin Mudah dan Nyaman

Merantau menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sebagian masyarakat, ketika mereka menyelesaikan pendidikan menengah atas pada khususnya. Diantara mereka akan memutuskan untuk keluar dari rumah dan mengadu nasib ke kota lain, baik itu untuk meneruskan pendidikan, ataupun juga bekerja.

Ketika kita merantau, tentu saja ada hal utama yang akan kita perlukan, yaitu akomodasi dengan hal ini adalah kos-kosan. Karena bagaimanapun kos akan menjadi rumah sementara bagi kalian yang akhirnya memutuskan untuk merantau.

Sangat banyak hal yang bisa kita bicarakan dari kehidupan di kos-kosan. Tapi saat ini Cokro akan lebih mengulas tentang bagaimana memilih, menentukan tempat kos yang baik, murah, nyaman dan aman, seperti dilansir dari hipwee:

1.    Menetapkan biaya bulanan, berdasar gaji atau kiriman orang tua

Uang adalah masalah yang sangat sensitif bagi anak rantau. Karenanya sangat mendesak, sebelum memutuskan mencari kos – kosan, kalian perlu membuat estimasi anggaran. Silahkan buat, berdasarkan kemampuan sendiri (dari kiriman ortu atau gaji per bulan).

 

2.    Permudah dengan aplikasi pencarian kos

Untuk mempermudah pencarian lokasi kos, apalagi di dalam suasana pandemi seperti sekarang ini, kalian bisa menggunakan aplikasi kos yang sekarang sudah banyak. Salah satunya adalah Cokro.

Karena selain informasi kosan, di Cokro juga menerapkan teknologi kamera 360 yang akan membuat kalian terasa seperti sedang melakuakn room tour ketika melihat – lihat detail rumah dan kamar kos-kosan.

 

3.    Fasilitas jadi pertimbangan penting sebelum memilih kamar kos

Beda rumah kos, beda juga fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari kamar, kamar mandi luar dalam, kamar kosong (minimal ada kasur dan lemari) atau sudah ada isi lengkap. Hingga fasilitas penunjang yang sering memberikan nilai plus, seperti WiFi, AC, garasi khusus, ruang olahraga dll. Namun tentu saja setiap fasilitas juga ada harga yang kalian harus bayarkan.

Bisa jadi tips buat kalian, jangan ragu untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk fasilitas penunjang yang memang tepat untuk kebutuhan kalian. Karena bisa jadi harganya akan lebih murah jika dibanding kalian harus mencari fasilitas tersebut di luar kosan, misalnya WiFi.

 

4.    Ketika menemukan pilihan jangan ragu untuk kepo lebih dalam

Piliah pilih kos-kosan tidak bisa seenaknya dan sekedar melihat fasilitas, dan budget. Melainkan ada pertimbangan lain yang juga harus dipertimbangkan, yaitu kenyamanan.

Karenanya, pilih rumah kos yang benar – benar sesuai dengan karakter dan juga kepribadianmu. Jika kalian tipe introvert, bisa pilih kosan yang lebih banyak diisi pekerja. Tapi kalau kamu pecinta keramaian, tentu saja  kos-kosan buat mahasiswa bisa jadi pilhan tepat.

Disamping itu, kalau sudah nemu kos – kosan yang cocok, jangan lupa untuk cari tahu situasi dan kondisi di lingkungan kos dan juga bagaimana karakteristik serta budaya

 

Admin Cokro

admin@cokro.id