Senin, 26 April 2021

5 Cara Promosi Efektif Kos-Kosan di Tengah Pandemi

Kos-kosan tanpa promosi, bisa dibilang bak sayur tanpa garam. Karena akan hambar, alias usaha kosan anda tidak akan dikenal oleh masyarakat. Banyak cara untuk membuat promosi kos-kosan, namun manakah yan bakal efektif di masa pandemi seperti sekarang ini?

Karena dengan situasi pandemi seperti saat ini, membuat usaha kos-kosan seperti mati suri. Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk tidak sekedar mengenalkan, melainkan juga menarik perhatian calon penghuni kamar kos, agar mereka memilih hunian yang anda sewakan.

Selain beriklan sudah pasti akan memakan biaya tambahan. Dengan beriklan yang efektif maka biaya yang anda keluarkan tidak akan sia-sia, dan bahkan bisa balik modal.

Lalu apa saja ya cara dan trik beriklan yang efektif bagi bisnis rumah kos, di masa pandemi? Simak ulasan Cokro.com berikut ini:

 

1. Siapkan foto terbaik bisnis kos anda!


Konsumen tidak akan membeli produk kalau mereka tidak mengetahui bentuk produknya. Begitu juga dengan tempat kost, penyewa baru akan mempertimbangkan kost atau tidak di tempat tersebut setelah mereka mengetahui kondisi dan suasananya. Kedua hal tadi dapat tercermin melalui foto.

Oleh karena itu, untuk menarik perhatian penyewa, foto tempat kos yang akan kamu promosikan harus menarik juga. Caranya:

·Jangan malas untuk membuat foto terbaik kos-kosan anda. Rapikan dan bersihkan dulu contoh kamar yang mau anda iklankan. Dari membersihkan kamar mandinya, merapikan tempat tidur, meja, kursi, lemari, hingga lap debu-debu yang menempel pada jendela kamar.


· Pencahayaan juga penting untuk membuat foto tempat kost yang menarik. Jangan sampai foto yang dihasilkan terlihat buram atau gelap seperti berada di bawah tanah. Cahaya terbaik untuk menghasilkan foto yang bagus adalah menggunakan cahaya alami atau matahari. Jika tidak, gunakan lampu tambahan untuk pemotretan guna supaya ruangan tampak lebih terang.


·Rencanakan juga sudut-sudut pengambilan fotonya. Coba foto dari beberapa sudut kamar dan tempat lainnya yang ada dalam bangunan kost sekaligus. Contohnya termasuk, lobi kos, tempat parkir, tempat mencuci dan menjemur pakaian, ruang komunal, dapur bersama, bahkan suasana di luar bangunan kost. Bikin foto sebanyak-banyak dari berbagai angle, sehingga anda punya pilihan foto terbaik nantinya.


·Gunakan kamera yang menghasilkan gambar terbaik. Tidak selalu harus memakai kamera SLR yang mahal, kamera ponsel saat ini juga sudah mampu membuat foto-foto berkualitas tinggi. Namun, pilih kamera yang bisa memproduksi foto dengan resolusi tinggi.

 

2. Gambaran kos dengan detail

Foto yang berkualitas akan semakin menarik perhatian calon anak kos kalau disertai deskripsi yang akurat, memikat, dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, siapkan tulisan yang menjelaskan dengan detail apa saja keuntungan nge-kot di tempat usaha kos anda.

Ceritakan juga fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, serta cantumkan juga tipe kamar dan harga yang ditawarkan. Tidak perlu selalu panjang lebar ketika mendeskripsikan tempat kos nya. Hindari menjelaskan terlalu general dan lakukan dengan lebih spesifik. Prinsipnya, singkat, padat, dan jelas!

 

3. Pasang iklan yang sudah dibuat

Setelah membuat materi iklan untuk promosi bisnis kos-kosan dan berkonsultasi dengan ahlinya, baru, deh, selanjutnya mendistribusikan atau memasangnya pada media-media promosi yang ada. Dapat dimulai dengan membuat postingan pada media sosial dan secara berkala mengunggahnya kembali. Cara ini mudah dan cenderung bebas biaya.

Media sosial yang dapat kamu gunakan utamanya pada Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Apabila punya bujet lebih, sesekali dapat membuat iklan berbayar pada media-media sosial tersebut. Tujuannya, supaya menjangkau target pasar yang lebih luas.

 

4.Kerjasama dengan Cokro

Sebagai aplikasi manajemen kos terlengkap dalam waktu yang tidak lama lagi Cokro juga akan meluncurkan aplikasi khusus bagi penghuni dan anak kos. Maka mereka akan dengan mudah memantau iklan serta lokasi kos yang sudah bergabung dengan CokroHost sebelumnya. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Selain kos-kosan akan lebih rapi manajerial nya, juga akan dengan mudah mendapatkan pelanggan baru dari aplikasi Cokro.