Kamis, 08 Oktober 2020

5 Kelebihan Bisnis Rumah Kos, Yang Sulit Disaingi Bisnis Property Lainnya

Bisnis rumah kos atau biasa kita sebut dengan kos-kosan adalah salah satu model bisnis property yang banyak dimininati, karena dinilai mampu memberikan prospek profit yang besar. Oleh sebab itu, model bisnis ini selalu diburu dan diminati banyak pebisnis, mulai konvensional hingga digital.

Lalu apa sih yang membuat bisnis rumah kos dinilai lebih profitable dibanding bisnis model yang lain? Simak ulasan Cokro berikut ini, dilansir dari berbagai sumber:

1.      Investasi Minim Risiko

Usaha rumah kos boleh dibilang minim atau bahkan anti rugi, atau minimal bisa dikatakan bahwa memiliki resiko yang rendah. Ko bisa ya? Karena harga tanah dan bangunan sebagai modal utama rumah kos boleh dibilang selalu stabil dari tahun ke tahun. Meskipun tidak akan memiliki peningkatan sepesat harga saham.

Harga property sangat jarang terpengaruh oleh situasi pasar, ekonomi dan politik negara. Kestabilan inilah yang membuat bisnis kos-kosan menawarkan nilai lebih, meskipun perekonomian tengah lesu seperti sekarang.

2.      Penghasilan Jangka Panjang

Pendapatan dari rumah kos akan terus mengalir seiring dengan bisnis yang tetap berjalan, bangunan yang berdiri kokoh dan kamar kos yang selalu terisi. Ketika rumah kos berada di lokasi yang strategis dan menjanjikan, maka besar kemungkinan bisnis rumah kos anda tidak akan pernah sepi dari penyewa. Anda tinggal bersantai, sambil menikmati hidup atau menjalankan bisnis yang lain, sembari tetap menikmati pendaptan dari bisnis rumah kos anda. Bahkan bisnis ini bisa menjadi bisnis keluarga yang bisa anda turunkan ke anak cucu.


3.      Minim Perawatan

Hal menarik lainnya yang muncul dari model bisnis rumah kos ini, adalah dari segi bangunan yang senantiasa selalu terawat dengan apik. Apalagi jika peghuni kos anda adalah keluarga muda, yang tentu sangat peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar, dan akan selalu turut menjaga kebersihan.

Selain itu perawatan bangunan yang baik juga terbilang mudah. Anda tinggal melakukan kontrol secara berkala terhadap kondisi bangunan. Semisal apakah ada atap yang bocor.

4.      Keuntungan Balik Modal yang Tinggi

Seperti kebanyakan bisnis model property lainnya, rumah kos tentu akan memiliki nilai jual yang melesat jika dibandingkan harga awal anda membeli atau membuatnya. Hal tersebut lah yang membuat bisnis rumah kos tak pernah sepi dari peminat. Bahkan menjual rumah kos jauh lebih gampang dari property yang lain, apalagi di lokasi strategis, karena banyaknya peminat.


5.      Menjanjikan Pendapatan Lain

Anda salah ketika menilai pendapatan bisnis rumah kos hanya berasal dari uang sewa anak kos. Karena masih ada banyak bisnis turunan yang bisa dikembangkan dari rumah kos. Seperti misalnya menyediakan berbagai jasa layanan tambahan bagi anak kos, mulai dari laundry, catering, hingga toko kebutuhan sehari – hari. Bahkan juga bisa sewa kendaraan bermotor dan sepeda pancal.

 

Admin Cokro

admin@cokro.id