Selasa, 26 Januari 2021

5 Tips Manajemen Keuangan Sehat Di 2021

Tahun 2020 menjadi tahun yang mungkin sulit dilupakan. Pandemi Global memberikan perubahan besar. Bukan saja kepada dunia kesehatan, namun juga ekonomi  dan bisnis. Karenanya pada 2021 ini, manajemen finansial, seperti juga di usaha kos-kosan harus ikut berubah.

Sepanjang 2020 usaha, seperti indekos sudah begitu besar terdampak oleh Covid-19. Oleh karena itu, pada tahun yang baru ini, banyak hal harus berubah dan berbenah, demi bisa mendapatkan keuntungan dan juga keseimbangan keuangan kembali.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki manajemen keuangan baik pribadi maupun usaha di tahun 2021:

 

1. Persiapan New Normal

Apakah situasi akan kembali seperti sebelumnya? Walaupun saat ini vaksin sudah mulai digencarkan di penjuru dunia, namun kondisi tidak terjamin akan bisa kembali seperti sebelum pandemi. Masih akan banyak perubahan pada 2021, termasuk juga keuangan dan ekonomi dunia, dan di Indonesia pada khususnya. Karenanya, kita tetap harus bersiap dan tidak boleh terlena.

2. Budget Tahunan

Disampaikan oleh Founder The Break Platform Patricia Bright, bahwa masyarakat perlu untuk membuat rancangan keuangan yang pastu untuk setahun ke depan, dengan detail dan terperinci. Termasuk apa yang ingin anda capai di 2021? Lini bisnis mana yan mau diperbaiki? Seperti misalnya memperketat pengeluaran, serta menyisihkan dana untuk diinvestasikan dan ditabung.


3. Money Day

Ken Okoroafor, co-founder dari The Humble Penny menyarankanmu untuk menentukan satu hari di setiap bulan di tahun 2021 sebagai Money Day. Gunakan hari ini untuk berdisikusi tentang keuanganmu selama satu bulan bersama pasangan. Apa sumber pendapatanmu di bulan tersebut? Kemana uang yang kamu dapat kamu gunakan selama satu bulan itu? Berapa kekayaan bersih finansialmu dan pasangan saat ini? Cara ini akan meningkatkan hubunganmu dan pasangan dengan status keuanganmu bersama. 

4. Uang Darurat

Jangan pernah meremehkan dana darurat. Uang darurat harus selalu ada, dan dibedakan dengan tabungan reguler yang anda lakukan setiap bulan, serta juga investasi usaha. Idealnya, anda harus memiliki uang darurat dengan jumlah 3 bulan tabungan. Itu adalah batas paling sedikit.

5. Bijaksana

Meskipun banyak ahli berpendapat bahwa 2021 akan jadi tahun yang lebih berpotensi, namun sampai sekarang belum ada kepastian dan jalan keluar untuk pandemi. Oleh sebab itu, berbijaksanalah dalam mengatur keuangan pribadi dan usaha. Pergunakan dana anda untuk hal – hal yang benar – benar diperlukan, serta tabunglah sisa dana dengan konsisten.