Sabtu, 02 Januari 2021

5 Tips Mewujudkan Resolusi Bisnis di 2021

Tahun baru semangat baru, resolusi baru. Tentu ini ada di benak setiap orang pada awal tahun 2021 ini. Khususnya anda yang pebisnis pasti sudah membuat berbagai resolusi agar bisnis anda berjalan lebih baik dari tahun 2020 yang penuh tantangan.

Hanya saja tanpa pemikiran yang tepat dan mendalam, resolusi terkadang hanya menjadi janji yan tak kunjung ditepati. Oleh karena itu, resolusi harus dirancang dengan lengkap, serta dengan persiapan mental dan mindset yang mantap untuk membuatnya terwujud.

Berikut adalah tips mewujudkan resolusi di 2021, yang dilansir Cokro Indonesia dari berbagai sumber:

1. Buat Resolusi yang Terukur

Terkadang sebagai pebisnis anda memiliki harapan besar atas usaha anda. Impian ini bisa jadi membawa anda memuat resolusi yang kurang jelas. Misalnya, anda hanya mau segera punya banyak cabang, atau punya profit tinggi.

Resolusi semacam ini sebenarnya memang bagus. Namun tidak detail dan konkret, sehingga target untuk mewujudkannya tidak tergambar dengan jelas.

Anda harus mengubah pemikiran resolusi yang terlalu umum seperti tersebut. Ubahlah resolusinya menjadi lebih detail dan terukur. Semisal bulan Maret harus memiliki cabang di Surabaya. Atau saya harus bisa menambah profit dengan meminalisir biaya produksi.

Pemikiran yang lebih detail, akan membuat resolusi anda di tahun yang baru ajan terlihat dengan jelas. Ukuran pencapaian, membuat seorang pengusana bisa dinilai, mampu atau tidak dalam meraih tujuan. Atau setidaknya berupaya keras mewujudkannya.

2. Rancang Tindakan yang Jelas

Hal paling masuk akal dalam hal ini, adalah resolusi bagaimana perusahaan bisa tetap bertaham di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga menunjukkan kata akhir.  Sehingga anda bisa memulai membuat ‘to-do list’ untuk bisa merealisasikannya.

Misalnya dalam upaya mempertahankan jumlah karyawan dalam enam bulan ke depan. Anda bisa membuat rancangan rencana marketing, rencana produksi, evaluasi kinerja karyawan dan banyak hal lain.

Hal ini, akan membuat resolusi anda lebih jelas, dan langkah apa yang perlu diambil untuk mewujudkannya, juga tergambar dengan baik.

3. Ketahui Rintangan

Rintangan, tantangan dan godaan untuk membuat resolusi goyang, bisa dipastikan akan selalu ada. Jika dalam konteks bisnis, godaan nya bisa bisnis yang tengah naik daun, atau juga ajakan bekerja di perusahaan lain yang sudah besar.

Begitu pula dari segi keuangan. Rintangan – rintangan yang bisa terjadi adalah pengeluaran tidak terduga. Baik karena bencana, kecelakaan kerja, atau bahkan membeli barang – barang yang anda suka, namun sebenarnya tidak penting untuk bisnis.

Hal-hal tersebut harus diprediksi sejak awal. Dengan mengetahui rintangan, seseorang dapat mengatur rencana dan kebiasaan agar terhindar sebelum tergoda.

4. Mulai Saat Siap

Memulai resolusi tidak harus tepat pada 1 Januari 2021. Anda bisa start saat sudah merasa siap menjalaninya.Kesiapan dan komitmen, adalah hal penting bagi sebuah resolusi bisnis.

Karena menyesuaikan dengan kondisi, dan kemampuan usaha. Bisa saja, misalnya resolusi dimulai pada bulan Maret. Pertengahan tahun, atau kapanpun saat sudah siap. Yang diperlukan adalah, rencana dan gambaran yang jelas.

Mental yang lebih siap akan membuat diri seseorang lebih kuat berkomitmen pada suatu hal, dibandingkan harus memulai sesuatu dengan tekanan.

5. Belajar dari Kesalahan

Yang namanya kesalahan, memang adalah bagian dari proses kita untuk bisa meraih suatu target. Namun kesalahan yang berulang juga bukan sesuatu yang baik dan wajib untuk dihindari.

Hanya saja dalam hal ini, kesalahan musti kita jadikan energi positif dalam memicu diri, agar ke depan bisa lebih baik dalam mewujudkan keinginan. Kita semua harus belajar dari kesalahan.

Jika anda tahu investasi tanah misalnya lebih baik dari investasi pasar modal, karena dahulu pernah profit di sana. Maka jika ada godaan dari pasar modal atau emas, anda tidak boleh mudah tergoda.

Itu lah sejumlah tips resolusi Tahun Baru 2021 yang bisa dipelajari dan dipahami. Untuk mewujudkan sebuah tujuan baru, tentu dibutuhkan kesiapan dan rencana matang terukur.