Jumat, 13 November 2020

5 Tips Mudah Bagi Anda Yang Baru Akan Memulai Punya Bisnis Sendiri

Punya bisnis sendiri yang berjalan dengan baik, rasanya pasti akan diimpikan semua orang. Apapun bisnis nya, seperti juga usaha kos-kosan. Namun tidak banyak orang yang berani mengambil resiko dengan mencoba merintis bisnis.

Punya mentor, atau rekan bisnis menjadi salah satu upaya dari siapapun yang ingin memulai usaha untuk bisa mendapatkan banyak masukan dan pembelajaran, sehingga tidak akan tergelincir dan jatuh terpuruk.

Nah kali ini Cokro, akan berbagi sejumlah tips bisnis yang bisa digunakan, bagi anda – anda yang baru mulai merencanakan masuk ke dunia bisnis, seperti juga usaha kos- kosan yang ada di wilayah Malang Raya.

1.      Memisahkan pembukuan  keuangan pribadi dan bisnis

Ketika memulai bisnis, akan sangat penting untuk kita bisa memisahkan, mana uang pribadi, mana uang bisnis. Salah satunya, adalah dengan membuat rekening terpisah, antara pribadi dan bisnis.

Hal ini mengindari, jika ada hal buruk terjadi di bisnis, maka tidak akan menyeret keuangan pribadi, apalagi jika anda sudah berkeluarga. 

2.      Bijaksanalah dalam mengatur keuangan

Ketika anda mulai memutuskan terjun dalam bisnis, anda harus bisa membuat prencanaan dan prediksi, sebenara besar market dari produk yan anda jual. Dengan bisa memprediksi pasar, maka anda juga akan bisa membuat perkiraan berapa banyak produk yang harus dibuat.

Kemudian, anda juga perlu menghitung dengan rinci, biaya produksi lain-lain, seperti pengiriman, packaging dan sebagainya, sehingga bisa mengetahui secara detail, berapa keuntungan bersih yang bisa dihasilkan.

Jika dalam hitungan digit keuntunganya kecil, maka artinya, anda harus bisa mengoptimalisasi volume penjualan.


3.      Jika harus, kenapa tidak mengajukan pinjaman, asal…

Banyak orang yang berpikir ulang ketika mau berbisnis, karena terganjal modal. Namun sebenarnya ini adalah pemikiran yang keliru. Anda tidak perlu takut meminjam modal, ketika memang sudah punya rencana bisnis yang matang.

4.      Membayar cicilan sebagai motivasi kembangkan bisnis 

Jika anda memang memutuskan untuk mendapatkan modal dari pinjaman. Maka mencicil adalah kewajiban anda selanjutnya.

Nah, mencicil modal ini bisa menjadi motivasi lho buat anda agar mau selalu bekerja kerasa dan berinovasi dalam bisnis, agar semakin berkembang dan cicilan cepat lunas. Hehehe.

Usahakan bayar cicilan dengan tepat waktu. Karena dengan membayar nya rutin dan tepat waktu, maka  anda akan terhindar dari utang bekepanjangan dan membengkak (jika berbunga pada perbankan).

5.      Monitoring dan evaluasi

Lakukan monitoring dan evaluasi arus keuangan dengan berkala. Dengan monitoring yang rutin, maka anda akan mengetahui bagaimana kondisi keuangan, dan langkah apa yang harus dilakukan, agar performa bisnis anda semakin bagus dari waktu ke waktu.

Jika anda memang tertarik dengan bisnis kos-kosan, jangan lupa untuk manfaatkan teknologi informasi sebagai mitra anda dalam mengelola bisnis supaya lebih mudah. Salah satunya adalah Cokro Host yang akan memanjakan anda pemilik rumah kos dengan berbagai fiturnya. Mulai dari pemasaran kamar kos, laporan keuangan, hingga penagihan uang kamar secara otomatis dan online.