Rabu, 30 Desember 2020

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan dan Peluangnya

Gagasan untuk memiliki bisnis properti seperti persewaan kamar kos, memang sangat menggiurkan. Khususnya bagi anda yang kini memang sedang memiliki banyak modal yang bisa diinvestasikan dalam sebuah bisnis.

Namun meskipun punya banyak duit, tapi ketika anda tidak memahami cara pengelolaannya, maka sama saja akan sia-sia. Jika uang hanya anda endapkan dalam tabungan, tentu bertambahnya akan lambat, bahkan relatif berkurang. Sehingga, memiliki bisnis seperti kos-kosan, bisa jadi pilihan tepat.

Alasan memilih bisnis kos-kosan

Membangun bisnis property kos-kosan bisa jadi pilihan tepat bagi anda dalam berinvestasi saat ini. Bahkan bisnis ini menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit setiap bulannya.Bagaimana tidak? Minim perawatan bisnis ini tergolong tidak ada matinya. Anda hanya cukup satu kali investasi untuk menikmati hasilnya dalam waktu yang lama.

Meskipun sekarang pandemi, dan pergerakan manusia terbatas. Namun dengan adanya vaksin dan menjadi titik terang akhir pandemi, maka aktivitas manusia akan kembali bergerak. Kampus dan kantor akan kembali aktiv. Sehingga mereka yang belajar dan bekerja dari kota kecil ke besar, tentu akan membutuhkan tempat tinggal. Salah satu yang banyak dipilih adalah kos-kosan.

Memanfaatkan keuangan untuk bisnis kos-kosan

Jangan ragu untuk memanfaatkan keuangan anda saat ini dalam berinvestasi membangun bisnis kos-kosan.  Memang keuntungan tidak akan cepat terasa. Namun ke belakang, semua manfaatkan dan profit akan anda dapatkan setiap bulannya. Anda tinggal menunggu para penyewa membayar uang kosnya.

Namun yang anda perlu ketahui, bahwa membangun rumah kos ini diperlukan modal yang tidak sedikit. Tentu jika anda memang memiliki modalnya tidak masalah. Namun jika kekurangan modal, anda bisa mengajak rekan yang berkompeten untuk bergabung, atau juga meminjam dari perbankan.

Bisnis Kos Tidak Harus Mewah

Untuk mendirikan kos-kosan anda tidak perlu membuat bangunan dan kamar yang mewah. Cukup satu rumah yang berdiri di atas tanah yang memiliki luasan lumayan, dengan beberapa kamar yang luasanya juga cukup untuk maksimal dihuni dua orang.

Semua kerja anda tidak akan sia – sia dalam membangun rumah kos, karena anda akan bisa menikmati hasilnya.

Fasilitas yang perlu disiapkan

Fasilitas utama yang perlu anda siapkan dalam membuat bisnis kos ini, adalah kamar yang lengkap dengan kamar mandi, bisa kamar mandi bersama, maupun dalam.

Jangan lupa fasilitas dasar, seperti meja, kursi, tempat tidur dan lemari sebagai isian kamarnya. Selain juga WiFi dan listrik yang kini menjadi kebutuhan utama banyak orang.

Dengan fasilitas sepert ini, anda sudah bisa menjual kamar dengan harga mulai dari Rp 500 ribu per bulannya.

Lokasi Kos

Jika anda membeli atau memiliki unit property yang letaknya strategis, maka ini akan menjadi peluang emas. Banyak kemungkinan ide bisnis yang bisa anda pilih, disamping rumah kos tersebut.

Bangunan tidak harus besar di awal. Andabisa memulainya dari yang sederhana terlebih dahulu. Misal lebar 3 meter dengan panjang 10-12 meter. Jangan lupa ruang bersama dan garasi untuk anak kos nantinya di bangunan yang anda dirikan.

Dengan gambaran ini, sekarang anda bisa memutuskan, apakah unit usaha rumah kos akan cocok untuk anda. Ketika memang modal dan tanah yang pas untuk mendirikan unit property tersebut.