Sabtu, 10 April 2021

Bagaimana Kos Ekslusif Bisa Menjadi Penyelamat Bisnis Indekos Anda di Tengah Pandemi

Pandemi covid-19 bukanlah masa yang mudah untuk siapapun. Terutama para pelaku bisnis rumah kos. Pembatasan pergerakan sosial dan juga pembelajaran daring di level perkuliahan membuat bisnis indekos nyaris berhenti total. Solusi pun diperlukan agar bisa tetap bertahan tanpa membuat para pelaku usaha merugi.

Salah satu solusi yang sangat mungkin dilakukan guna menghindari rumah kos sampai gulung tikar, adalah mengalihkan fungsi kos menjadi kos ekslusif. Karena jika diperhatikan, kos ekslusif hingga saat ini masih bisa terus bertahan, bahkan mereguk keuntungan meskipun pandemi telah lewat 12 bulan.

Hal ini berbanding kebalikan dengan usaha kos dengan pasar utama mahasiswa yang nyaris tidak bergerak. Kebanyakan kos ekslusif justru masih bisa terus memutar roda ekonominya. Bahkan tingkat penurunan okupansi nya hanya sekitar 15% dibanding kondisi normal. Angka yang termasuk rendah kan?

Bagaimana Kos Ekslusif  Bisa Tetap Konsisten?

Tentu saja hal ini membuat banyak diantara anda yang pengusaha rumah kos bertanya-tanya.Bagaimana kos ekslusif justru bisa bertahan di tengah badai pandemi. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1.    Kos ekslusif masih menarik perhatian banyak pasar. Seperti mereka yang melakukan perjalanan bisnis dan dinas.Karena harga sewa yang lebih rendah dibanding dengan hotel

2.    Masih tingginya kebutuhan karyawan atas hunian aman, nyaman dan terkangkau. Sehinga kos ekslusif tidak terlalu terdampak pandemi.

3.    Walau sektor wisata juga mengalami penurunan drastis selama pandemi, tetapi angkanya juga tidak benar –benar habis. Pelaku bisnis kos ekslusif bisa tetap bertahan, juga karena tercover konsumen yang mengambil sewa hunian dalam jangka pendek untuk keperluan liburan.

Kos ekslusif juga terbilang memiliki masa depan cerah. Karena diprediksi permintaan akan terus bertambah, apalagi setelah pandemi membaik dan berakhir.

Cokro.com juga menyarakan agar pelaku bisnis persewaan property seperti kos-kosan bisa aktif dalam menganalisa dan mencari strategi untuk bisa bertahan dan berkembang. Salah satu yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengubah bidikan pasar. Jika sebelumnya kos anda menyasar mahasiswa, mungkin sekarang waktunya dirubah ke pasar karyawan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan para pelaku bisnis indekos, agar usaha mereka bisa menjadi kos ekslusif tanpa harus mengeluarkan biaya besar:

1.    Menambah Layanan (tidak wajib)

Anda dapat memberikan tambahan layanan di kos sebagai penghasilan lebih dari bisnis anda. Seperti layanan laundry, catering, hingga house keeping (membersihkan kamar) bahkan juga antar jemput, bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan.

 

2.    Menambah fasilitas

Sulit untuk ditolak, bahwa fasilitas dari sebuah indekos akan memberikan dampak besar terhadap harga sewa dan ketertarikan konsumen untuk tinggal di sana. Anda bisa menambahkan fasilitas seperti, AC, shower air panas, kulkas, balkon, WiFi dll.

 

3.    Meningkatkan Keamanan

Banyak diantara konsumen dan anak kos yang akan menjadikan keamanan sebagai parameter, sebelum mereka memutuskan untuk ngekos. Selain menambahkan CCTV, keamanan di sini juga terkait dengan bagaimana anda menerapkan protokol kesehatan demi mengantisipasi penularan virus dan penyakit.

 

4.    Menggunakan aplikasi kos

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan dalam rangka membuat kos menjadi ekslusif adalah memodernkan manajemen dan operasional. Cara termudah dan termurah, adalah dengan menggunakan aplikasi. Seperti juga Cokro Host. Sebuah aplikasi manajemen kos yang lengkap. Mulai dari pemasaran hingga laporan keuangan, lengkap dalam satu aplikasi yang bisa anda unduh GRATIS dari Play Store dan App Store.