Senin, 01 Februari 2021

Beda Manajemen Keuangan Bisnis Kos dan Kontrakan

Bisnis persewaan property memang bisa dibilang  gak ada matinya. Baik itu kontrakan rumah atau juga persewaan kamar, yaitu yang kita kenal dengan kos-kosan atau indekos.Tapi ternyata ada perbedaan lho dalam mengelola manajemen keuangan di antara kedua bisnis property tersebut.

Nah kali ini Cokro Indonesia akan mengulas perbedaan manajemen di antara bisnis rumah kos dan rumah kontrakan.

1. Manajemen Rumah Kontrak

Karakter durasi sewa kontrakan yang jangka panjang (long term) membuat pemilik usaha kontrakan akan lebih santai dalam manajemen. Karena perputaran (traffic) uang juga tidak mengalir dalam waktu cepat. Biasanya kontrak ataupun sewa nya dalam durasi minimal satu tahun (12 bulan). Sehingga pembukuan (pemasukan) akan terjadi minimal dalam durasi satu tahun sekali.

Begitu juga dengan pengeluaran. Rumah yang dikontrakkan sudah pasti pengeluaran regulernya seperti tagihan listrik dan air, sudah dibebankan kepada penyewa nya. Adapun pengeluaran yan sangat mungkin anda keluarkan, adalah untuk perawatan rumah, itu pun jika penyewa sudah tidak lagi memperpanjang kontraknya. Ataupun juga biaya perbaikan, jika ada kerusakan rumah secara mendadak, yang mana, biya nya kadang juga ditanggung bersama dengan pengontrak.

Selain manajemen keuangan yang mudah dan sederhana. Kelebihan bisnis kontrak rumah, juga terletak pada kemudahan anda sebagai pemilik dalam merancang rencana bisnis jangka panjang. Dengan pemasukan yang sudah pasti untuk durasi lama, anda akan gampang untuk membuat rencana bisnis dan investasi.

Hanya kelemahan dari rumah kontrakan, kita akan sulit menaikkan harga setiap tahun, khususnya bagi para penyewa property yang mengambil dalam jangka waktu panjang.


2.  Manajemen bisnis kos-kosan

Bisnis indiekos bisa mempunyai manajemen keuangan yang berbeda 180 derajat lho dengan kontrakan. Hal ini merujuk kepada perputaran uangnya yang lebih cepat. Ya, durasi kos yang bisa bulanan, dan paling banter disewa dalam jangka setahun sekali, membuat arus uang masuk jauh lebih aktif daripada kontrakan rumah.

Disamping arus uang masuk yang lebih aktif dan cepat, arus pengeluaran juga akan jauh lebih aktif dibanding bisnis kontrak rumah. Karena, dalam kos-kosan, biasanya biaya air, listrik dan internet, masih harus anda sebagai pemilik yang membayarkan, meskipun memang bebannya tetap ada di anak kos. Hanya saja setiap bulan, tetap harus anda yang membayarkannya. Berbeda dengan rumah kontrakan, yang sudah dibayar sendiri oleh penyewa rumah.

Begitu juga dengan berbagai perbaikan dan perawatan rumah kos. Anda harus memberikan perhatian penuh atas hal ini. Karena perawatan dan perbaikan bangunan, sama sekali bukan menjadi tanggungan anak kos. Berbeda dengan sistem kontrak rumah. Yang mana penyewa juga turut bertanggung jawab atas kondisi rumah, selama dia sewa.

Hanya saja untuk urusan pendapatan, profit dari bisnis kos ini bisa jauh lebih tinggi dan likuid dibanding rumah yang dikontrakkan lho. Apa maksudnya?

Artinya, dengan durasi sewa pendek (maksimal satu tahun) maka anda bisa lebih mudah menaikkan harga kamar. Begitu juga dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, anda juga akan lebih mudah mendapatkan profit dari sana. Misalkan untuk jasa laundry, catering, tambahan daya listrik, wifi dan banyak hal lain yang bisa anda tarik dari anak kos, sesuai dengan jasa dan pelayanana yan mereka inginkan.

Sehingga potensi keuntungan jangka panjang dan pendek dari rumah kos memang bisa jadi akan lebih tinggi dibandingkan dengan mengontrakkan unit rumah. Apalagi satu unit rumah, sudah bisa menjadi beberapa kamar kos yang siap disewakan.

Nah, dengan perbedaan manajemen tersebut, kira-kira bisnis persewaan property mana yang akan anda pilih, kontrakan, atau kos-kosan?

Jika anda memilih rumah kos, jangan lupa untuk bermitra dengan Cokro Host,sebagai aplikasi manajemen kos termudah dan terlengkap di Indonesia, yang akan membantu anda mendapatkan keuntungan lebih dari bisnis kos melalui manajemen yang lebih tertata.

Mau coba Cokro Host? Download dengan gratis sekarang juga di Play Store dan App Store