Kamis, 29 Oktober 2020

Ini Dia 3 Hal Yang Akan Membuat Bisnis Kos - Kosan Anda Makin Mudah Meraup Untung

Meskipun terkesan sangat mudah meraup untung, namun sebenarnya bisnis rumah kos tidak mudah untuk dijalankan, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis rumah kos anda senantiasa bisa meraih untung dengan mudah, murah dan efektif.

Apa saja hal – hal yang musti diperhatikan tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

 

1.      Mengenali siapa calon anak kos

Tidak ada bisnis yang tidak beresiko, termasuk juga bisnis kos-kosan. Potensi bisnis ini diganggu tindak kriminal juga pasti cukup tinggi. Hal tersebut bukan tanpa sebab. Berbagai latar belakang kehidupan calon anak kos, yang sama sekali tidak anda ketahui tentu mengundang resiko kejahatan yang bisa saja anda alami.

Karenanya, anda tidak bisa sembarangan memilih orang yang akan masuk ke dalam rumah kos anda. Apalagi jika latar belakang anak kos sama sekali tidak anda ketahui. Ada baiknya, anda juga menyempatkan diri mencari sedikit informasi kehidupan mereka.

Anda perlu mewawancarai mereka, seperti kuliah/ kerja di mana, asa dari mana, alasan ngekos di tempat anda, sebelum mereka akhirnya deal untuk bisa menjadi anak kos di tempat anda.An

Jangan lupa juga untuk meminta copy dokumen pribadi si anak kos. Sebagai sikap berjaga – jaga anda. Jika segala sesuatu tentang anak kos sudah anda ketahui, hal ini bisa menghindarkan anda dari potensi terkena kejahatan.

Karena sekali saja kriminalitas terjadi di rumah kos anda, maka kredibilitas bisnis anda akan menurun, dan tentu saja akan membuat kepercayaan anak kos, dan calon anak kos menjadi menurun.

 

2.      Pertimbangkan jangka menyewa

Anda boleh percaya atau tidak, durasi sewa anak kos pasti akan memiliki dampak kepada bisnis kos-kosan anda. Entah itu dalam jangka panjang maupun pendek, masing-masing punya nilai plus minus yang perlu anda pertimbangkan.

Jika kamar kos anda sewakan dengan durasi pendek, maka anda wajib aktif dalam melakukan pemasaran, demi mencari penyewa baru.

Seringnya penghuni berganti, juga akan memakan biaya pada perawatan. Karena anda akan lebih sering untuk membersihkan atau mengecat kamar, ketika penghuni lama keluar. 

Namun dari segi harga, dalam jangka pendek, memang harga sewa bisa lebih tinggi dibandingkan kamar kos disewa dalam jangka panjang.

Bicara menyewakan kamar kos dalam durasi panjang juga ternyata memiliki resiko. Ketika situasi mewajibkan anda harus menaikkan harga sewa kamar, maka anda tidak akan bisa melakukannya, pada anak kos yang menyewa dengan durasi panjang.

Namun keuntungannya, passive income anda akan lebih terjamin dengan penyewa durasi panjang. Anda juga akan lebih mudah dalam membuat rencana pengembangan bisnis rumah kos, karena sudah adanya kepastian dana yang masuk dalam jangka panjang.

 

3.      Hitung biaya sewa dengan akurat

Menentukan biaya sewa tidak bisa dipungkiri banyak di antara kita menentukannya dengan acak,dan tanpa banyak berpikir. Paling yang dibuat pertimbangan adalah komparasi dengan bisnis serupa dalam satu wilayah.

Jika anda mau cuan jangan sampai hal seperti ini anda lakukan kembali. Karena tanpa penghitungan yang teliti, potensi kerugian justru membengkak.  

Jangan sampai harga yang anda tawarkan ternyata tidak mampu mengcover berbagai biaya yang harus anda keluarkan, baik modal maupun perawatan dan tagihan. Selalulah sebijak mungkin dalam menentukan harga. Supaya bisnis tetap bersaing, dan anda tidak merugi.

Salah satu yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan hitungan laba – rugi yang jelas dari bisnis rumah kos, adalah dengan memiliki sistem manajemen yang jelas, akurat dan mudah dijalankan. Salah satunya adalah dengan menggandeng Cokro Host, sebagai aplikasi super penyedia layanan manajemen dan juga pemasaran khusus bisnis rumah kos.

Dengan Cokro Host, anda bisa mengontrol semua pengeluaran dan pemasukan kos-kosan anda dengan akurat, cukup hanya dengan ponsel pintar di tangan anda. Sehingga dengan keuangan yang terkontrol, anda akan lebih mudah membuat rencana bisnis yang baik.