Selasa, 08 September 2020

Kamu Sedang Berencana Cari Kos? Simak 6 Tips Berikut Ini Terlebih Dahulu

Cokro.com - Ketika kalian sudah harus merantau ke daerah lain, karena tuntutan pendidikan atau pekerjaan, hal pertama yang terbesit di pikiran, tentu tempat tinggal selama di perantauan. Salah satu yang banyak dicari adalah kos, karena memang harganya yang relatif murah dan praktis untuk tinggal sendiri.

Untuk bisa menemukan kos yang tepat bagi kita selama di perantuan sebenarnya bukan hal yang sulit namun juga tidak mudah, ya semacam kalau lagi cari jodoh, hehehe. Kos yang tepat memang harus klik dengan perasaan kita, karena kecocokan ini yang akan mempengaruhi suana hati mus sepanjang hari. Ketika kos nyaman, maka entah bekerja atau belajar juga jadi nyaman dan makin bersemangat. 

Dalam menemukan kos yang tepat, harga miring juga jangan dijadikan satu - satunya pertimbangan ketika memilih. Ada berbagai hal lain yang wajib jadi pertimbangan mu,sebelum akhirnya benar - benar mendapatkan kos yang paling pas. Apa saja sih itu, simak ulasannya berikut ini:

1. Akses menuju dan dari kos 

Nomor satu, perhatikan, bagaimana akses jalan menuju dan dari kos ke lokasi kerja/ kuliah mu. Jika aksesnya sulit, jauh dari jalan raya, sehingga perlu ada kendaraan pribadi atau naik ojek dan tidak terjangkau angkutan umum, maka hal ini harus kamu pikirkan ulang.

Karena hal semacam ini, justru bisa bikin boros biaya transportasi yang harus kami keluarkan. Namun sebaliknya, jika mencari kos, usahakan jangan hanya murah, namun cari yang dekat, atau minimal mudah aksesnya dari kampus atau kantor. Sehingga sehari-hari kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos dan tenaga lebih untuk transportasi. Kalau bisa yang cukup berjalan kaki saja sudah sampai, kan enak sekalian sembari olahraga. 

2. Fasilitas kos yang memadai

Setiap kos-kosan pasti punya standar fasilitas dasar, mulai kamar tidur dan kamar mandi. Kamar mandi ini bisa di dalam, ataupun di luar. 

Ada yang menyediakan kamar mandi di setiap kamarnya, ada juga yang kamar mandi nya barengan dengan penghuni kos lain, sehingga harus bergantian ketika mau menggunakan. 

Hal seperti ini, biasanya juga bergantung dari harga sewa kos nya.Semakin mahal harga, maka fasilitas yang bisa kamu dapat juga bakal semakin lengkap. Seperti misal WiFi, AC, laundry, listrik, air dan juga dapur bersama, atau bahkan yang lain. 

Nah, ketika survey harga sewa dan juga akses, kamu juga bisa sekalian kepoin fasilitas apa yang disediakan oleh kosan tersebut. Pastikan fasilitas yang ada sesuai dengan harganya, dan tentu saja pas juga dengan kebutuhan mu, jangan cuma karena gengsi atau nurutin temen semata lho.

3. Kemanan dan kebersihan lingkungan kos dan sekitarnya

Situasi dan kondisi di kos serta sekitarnya, juga harus menjadi perhatian mu. Apakah di sana termasuk rawan dengan kasus pencurian dan kejahtan lainnya? Masalah keamanan juga mesti jadi pertimbangan mu sebelum memilih rumah kos. Apalagi jika rumah kos jauh dari rumah pemilik, pengawas kos, pastikan di sana ada kamera CCTV.

Jika kos terbilang rawan, maka kamu pun akan was - wasa ketika menempatinya. Rasa tidak nyaman ini akan selalu menghantui, khususnya ketika kamu berkegiatan di luar kos, baik bekerja, kuliah ataupun aktivitas yang lain. Khawatir ada apa-apa dengan kamar mu, misal dibobol maling.

Disamping keamanan, kebersihan saat ini juga wajib menjadi perhatian utama, dengan masih adanya penyakit dan virus berbahaya di luar sana. Perhatikan, apakah ada petugas kebersihan khusus di  kos, yang secara berkala akan menyapu, mengepel dan membuang sampah? Jika kos atau lingkungannya kotor, maka bukan tidak mungkin akan memberikan dampak buruk kepada kesehatan mu.

4. Budaya dan karakter warga sekitar kos 

Sebagai pendatang, wajib hukumnya, buat kamu untuk mempelajari budaya dan karakteristik warga di sekitar kos. Walapun, pada dasarnya kamu juga tidak akan sering berinteraksi dengan mereka, namun tetaplah mencoba mengenal budaya dan kebiasaan warga sekitar yang umum saja.Misal, cara menyapa orang, berpakaian, ataupun kebiasaan lain yang berpotensi mungkin bisa menyingung mereka.

Jika sampai tidak mengenal budaya sekitar, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapat perlakuan tidak nyaman, hingga akhirnya memaksa kamu harus cari kosan lagi. Duh bukanya bisa hemat, justru jadi tambah duit keluar lagi bukan?

5. Potensi terjadinya bencana di daerah kos

Namanya juga kita sebagai pendatang, tentu kita tidak akan banyak tahu soal wilayah baru tersebut. Termasuk juga, potensi bencana dan bencana alam apa yang pernah terjadi. Misal ada siklus banjir tahunan di sana.

Untuk mengetahui hal seperti ini, kamu bisa rajin -rajin browsing di internet, serta juga bertanya kepada warga sekitar, sebelum memutuskan untuk menyewa kamar kos. 

Jika memang di daerah kos tersebut, ada kerawanan bencana seperti banjir misalnya,mungkin kamu harus berpikir ulang untuk menyewa nya, karena ke depan pasti bakal bikin makin repot. 

6. Karakter pemilik kos

Poin ini biasanya tidak terlalu diindahkan saat mencari kamar kos. Sebagian besar dari kita, sepertinya lebih banyak bersikap acuh terhadap bagaimana sikap dan karakter bapak atau ibu pemilik kos. Sikap pemilik yang tidak bersahabat, cuek, atau juga galak, bakal bikin kamu tidak nyaman lho, saat menghuni kos untuk jangka waktu yang tidak sebentar. 

Apalagi jika pemilik kos terlalu banyak membuat aturan dan suka kepo soal masalah pribadi kamu. Hmmm yang ada kita bisa baperan setiap hari.Sebaiknya, carilah pemilik kos yang nyante, ramah dan bersabat tapi tetap bijaksana dan tegas. Sehingga bisa tetap bersikap adil, ketika ada masalah diantara penghuni kos.

Dengan begitu, ketika kamu di perantauan dan menghuni kamar kos, kamu akan terus merasa nyaman dan aman.  Bahkan bisa jadi saking baiknya pemilik kos, mereka terasa seperti bapak atau ibu angkat mu selama sedang merantau.

Nah, itulah tips - tips yang bisa Cokro bagikan, bagi kamu yang akan mencari kos-kosan. Jangan lupa, jangan hanya mencari harga murah saja, namun juga utamakan kenyamanan. Untuk cari kos yang nyaman dengan mudah, dan tidak perlu kemana-mana, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Cokro. 



Admin Cokro

admin@cokro.id