Rabu, 25 November 2020

Kelola Bisnis Kos Manual Mandiri VS Otomatis dengan Operator Aplikasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Anda pemiilik bisnis rumah kos, atau sedang berencana membuat bisnis kos-kosan untuk pasca pandemi nanti sebagai investasi? Sebaiknya anda perlu juga mempelajari, manajemen seperti apa yang akan anda terapkan dalam bisnis anda. Manual mandiri atau otomatis menggunakan operator aplikasi.

Apa bedanya? Sebaiknya simak ulasan dari Cokro Indonesia berikut ini:

Manual Mandiri:

1.   Pemasaran

Jika anda memilih mengelola mandiri bisnis rumah kos, maka untuk pemasaran, anda juga harus melakukannya secara sendiri. Anda harus memasang banner, menyebarkan brosur, memposting di media sosial, membayar iklan untuk di media massa dan lain – lain.

Disamping tenaga, anda juga harus menyediakan waktu dan juga biaya untuk bisa mendapatkan pemasaran yang baik.

 

2.   Pengelolaan

Dengan memilih mengelola rumah kos secara mandiri, maka anda juga harus siap 24 jam demi bisa memastikan kondisi rumah kos baik-baik saja, dan kebutuhan anak kos bisa terpenuhi dengan baik.

Anda memang bisa saja menyewa seseorang sebagai pengelola, namun tetap saja, anda harus terus melakukan pengawasan. Apalagi jika bisnis masih terhitung baru.

 

3.   Penagihan sewa kos

Jika memang manual mandiri yang anda pilih dalam mengelola bisnis kos-kosan, maka anda harus bersiap untuk menyediakan waktu setiap bulan di tanggal tertentu, untuk bisa menagih uang kos ke anak kos dari pintu ke pintu.

Hmm, kalau anak kos nya masih empat orang mungkin tidak masalah. Namun bayangkan jika anda punya 20 atau lebih. Selain melelahkan, bisa jadi anak kos juga ada yang menunda pembayaran karena berbagai alasan, dan juga bayar secara uang tunai, yang ujung – ujungnya, anda harus setorkan ke bank.

 

4.   Laporan keuangan

Terlihat tidak terlalu penting, namun jangan sekali-kali meremehkan laporan keuangan. Karena dari sinilah anda bisa melihat bagaimana perkembangan bisnis anda, serta juga seperti apa anda bisa merencanakan bisnis kos-kosan ini ke depannya.

Sehingga, anda juga harus selalu detail mencatat setiap kali ada pemasukan dan pengeluaran, agar bisa terpantau dengan baik.

Anda harus teliti, karena namanya mengelola bisnis seperti rumah kos, punya pengeluaran yang banyak dan seringkali ada yang mendadak.

Mulai dari tagihan reguler, seperti air, listrik, internet, hingga yang dadakan, macam perbaikan rumah, WC yang mampet hingga genteng yang bocor.


 Otomatis dengan operator aplikasi:

1.   Pemasaran

Jika anda menggunakan jasa operator aplikasi seperti Cokro Host, anda sudah tidak perlu lagi terlalu pusing memikirkan pemasaran kamar kos, agar selalu terisi.

Karena pihak operator, sudah akan membantu anda memasarkan kamar kos, melalui berbagai platform. Mulai dari aplikasi, website, hingga media sosial, yang mampu menjangkau ratusan ribu calon penyewa kamar kos potensial.

Selain itu di Cokro, yang menyediakan sistem informasi kamar kos yang super lengkap dan detail, akan membantu pihak calon penyewa mengetahui dengan baik situasi kamar dan lingkungan kos yang akan mereka huni.

Hal ini juga memudahkan anda sebagai pemilik kos, karena tidak perlu bolak –balik harus mendampingi calon penyewa yang hanya sekedar lihat – lihat, namun belum tentu mau sewa.

 

2.    Pengelolaan

Dengan bekerjsama dengan operator kos berbasis aplikasi, anda juga akan dibantu dari sisi pengelolaan. Seperti juga di Cokro Host. Kami akan membantu anda untuk mengatur jadwal keluar masuk anak kos, mengingatkan anda kapan waktu pembayaran berbagai tagihan, serta juga janjian – janjian lain, seperti berjumpa anak kos, atau juga dengan tukang yang mau membetulkan bangunan rumah kos.

Ohya, dengan adanya fitur PPOB di Cokro Host, soal tagihan tadi anda juga tidak perlu repot buka aplikasi lain. Bayar apapun kebutuhan rumah kos, cukup dari aplikasi yang sama, Cokro Host.

 

3.   Penagihan sewa kos

Jika anda memilih otomatis dengan operator aplikasi, maka anda juga sudah lagi tidak perlu harus menyediakan waktu setiap bulan untuk menagih anak kos door to door.

Karena dengan Cokro Host, masalah pembayaran uang tagihan kamar, mau itu bulanan atau tahunan, sudah ditangani secara otomatis. Uang pembayaran pun akan langsung ditransfer ke rekening anda. Sekarang anda tidak perlu lagi ribet bawa uang cash kemana – mana, dan memasukkannya ke bank.

 

4.   Laporan keuangan

Jika secara manual anda harus bikin pembukuan sendiri, maka dengan jasa operator kos, seperti Cokro Host sudah tidak perlu lagi.

Cokro menyediakan fitur laporan keuangan yang lengkap, terbuka dan full otomatis. Sehingga segala kegiatan keuangan bisnis kos anda akan langsung bisa terpantau dari aplikasi. Anda akan secara live mendapatkan laporan laba rugi dan juga neraca keuangan.

Sehingga, anda sudah tidak perlu lagi ribet untuk memasukkan keluar masuk uang secara manual dan menghitungnya satu per satu.

Sekarang menjalankan bisnis rumah kos bersama Cokro Indonesia, cukup hanya dari genggaman tangan saja. Temukan kemudahan bersama Cokro Host, dengan mengunduhnya di Play Store secara Gratis di sini.