Rabu, 11 November 2020

Masuki Musim Hujan, Ini Yang Wajib Anda Lakukan Agar Rumah Kos Bebas Bocor

Memasuki akhir tahun, sebagai pemilik bisnis rumah kos, anda harus mulai mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah antisipasi kebocoran, karena Indonesia sudah masuk musim hujan.

Genteng yang bocor, serta rembesan pada atap dan dinding bisa menjadi masalah di rumah kos, dan membuat penghuni merasa tidak nyaman.

Sebuah retakan kecil sekalipun di bagian rumah kos, akan berpotensi untuk membuat masalah kebocoran dan rembes, hingga mampu merusak bagian bangunan tersebut.

Karenanya pemilik bangunan rumah kos, sebaiknya mulai mempersiapkan diri dengan baik, dengan melakukan pengecekan ke seluruh bagian bangunan yang berpotensi untuk bocor, demi mencegah kerusakan yang lebih parah, akibat terimbas hujan yang bisa jadi disertai angin.

Berikut adalah solusi persiapan bangunan rumah kos, di musim hujan, yang dirangkum Cokro dari berbagai sumber:

 

1.    Melakuka pengecekan bangunan

Anda harus melakukan pengecekan rumah kos. Ketika cuaca idak hujan, pengecekan dapat dikerjakan dengan melihat kondisi sudut rumah, seperti apakah ada noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, serta retak pada bagian dinding luar.  

Ketika hujan datang, cek juga seluruh bagian dalam bangunan rumah kos termasuk kamar – kamar, apakah ada tanda air masuk yang membuat kebocoran dan rembes.

 

2.    Bersihkan saluran air/ talang

Anda wajib untuk membersihkan seluruh saluran air yang ada di bangunan rumah kos. Cek dan bersihkan semua talang, jangan sampai terdapat sampah yang menyumbat dan membuat genangan. Karena hal tersebut menjadi penyebab utama kebocoran dari atap.

 

3.    Waterproofing

Anda harus memilih produk anti air alias waterproofing yang efektif. Pemilihan produk ini akan berpengaruh pada investasi jangka panjang bangunan rumah kos anda. Produk yang pas, dijamin akan memberikan umur bangunan yang lebih panjang, serta meminimalisir perbaikan akibat bocor dan rembes yang setiap tahun harus anda hadapi.

 

4.    Perbaiki sendiri

Jika memungkinkan, anda bisa melakukan perbaikan secara mandiri pada bagian bangunan yang bisa dijangkau. Area dinding luar, teras, dan kamar kos misalnya. Bisa adan kerjakan sendiri, dengan salah satunya mengelupas cat lama yang sudah jelek dan melapisinya dengan cat anti bocor yang sudah anda pilih sebelumnya.

 

5.    Menggunakan jasa tukang/ pemborong

Memanggil jasa perbaikan rumah untuk daerah bangunan kos yang tidak bisa dijangkau serta membutuhkan penanganan khusus, adalah solusi terbaik. Bagian seperti plafon hingga atap beton, maupun atap genteng yang hampir tidak mungkin kita jangkau sendiri, tentu memerlukan bantuan tenaga ahli.

Jangan ragu untuk mengkonsultasikan segala masalah bangunan rumah kos anda kepada tenaga ahli, agar tidak salah dalam penanganan masalah dan perawatan bangunan.


6.    Memakai cat pelapis

Jika anda memastikan ingin menggunakan perawatan sendiri, banyak produk cat yang diklaim anti bocor dan anti air, serta tahan cuaca. Banyak pilihan produk dan harga yang tersedia.Sehingga bijaksanalah dalam mencari produk cat. Manfaatkan internet dan rekomendasi dari rekan dan ahli untuk mendapatkan produk cat anti bocor yang sesuai dengan buget, tapi tetap berkualitas.