Minggu, 04 Oktober 2020

Mau Anak Kos Semakin Betah? Coba Pilihan Warna-Warna Ini Untuk Kamar Mereka

Memilih warna cat untuk kamar kos, bagi anda yang merupakan pebisnis rumah kos memang penting. Karena apa, karena warna kamar juga akan memberikan pengaruh psikologis kepada penghuninya, meskipun memang seringkali bergantung pada selera pribadi dan estetika. Sehingga memang perlu anda bisa memilih warna yang tepat untuk kamar rumah kos, agar penghuni merasa makin betah dan rileks.

Seperti dilansir dari Healthline via kompas.com. ada warna –warna tertentu yang akan memberikan efek tenang dan santai. Sedangkan, pilihan warna yang lain justru membuat kita lebih terjaga dan waspada.

Secara umum, pemilihan warna dengan basis redup adalah pilihan terbaik untuk dinding kamar tidur. Beberapa warna yang akan membantu penghuni kamar kos merasa lebih santai antara lain:

1.    Biru

Biru boleh dibilang, merupakan warna terbaik untuk kamar tidur. Bukan hanya redup, sebuah penelitian pada 2018, mengungkap, bahwa warna biru juga mampu memberikan dampak menenangkan di otak. Penelitian tersebut dilakukan terhadap dinding aula sebuah universitas.

Semua pilihan warna biru, dapat memberikan efek suasana tenang. Saran, untuk kamar,anda bisa menggunakan warna biru yang lebih terang untuk mendapatkan dampak terbaik.

 

2.    Hijau

Warna hijau, memang selalu identik dengan alam, yang mampu membuat kita merasa jauh lebih rileks.  Bagi banyak orang, hijau juga merupakan warna pilihan yang harmonis dan membuat segar pikiran. Sehingga akan lebih meningkatkan kualitas tidur.

 

3.    Kuning

Walapun warna kuning tidak selalu bisa menjadi pemicu untuk beristirahat,tetapi warna ini menjadi salah satu yang mendapat rekomendasi menenangkan. Karena merupakan konotasi dari warna yang membuat senang, gembira dan positif. Seperti halnya warna biru dan hijau. Menggunakan warna terang di kamar tidur, cenderung tidak mengalihkan perhatian kita dari niatan untuk bersitirahat.

 

4.    Warna Tanah

Warna – warna natural dari tanah, juga tentu akan cocok untuk dinding kamar kos anda. Selama tidak terlalu gelap. Pilihan lainnya adalah termasuk krem dan putih lembut. Perak juga bisa menjadi alternative lain, untuk bisa mendapatkan efek suasana damai dan kondusif di kamar untuk bisa tidur dengan berkualitas.

Sedangkan, warna cat dinding yang sebisa mungkin dihindari untuk kamar kos, adalah warna- warna yang terlalu terang. Seperti misalnya, merah dan jingga, karena dinilai sebagai warna yang energik dan justru membangkitkan semangat.

Sebuah penelitian di tahun 2014 menunjukkan, bahwa warna merah dapat membangkitkan naluri fight or flight (melawan atau lari) membuat kita makin waspada dan sadar atas lingkungan sekitar.

Warna merah muda cerah, neon, dan ungu juga dinilai mampu membangkitkan semangat, sehingga justru membuat susah tidur.

Disamping itu, warna coklat dan abu  - abu gelap juga tidak direkomendasikan, karena justru bisa membangkitkan perasaan resah dan tidak pasti.

Jika anda ingin warna yang lebih hidup untuk kamar kos, anda bisa mempertimbangkan versi yang lebih lembut atau pastel. Semisal ungu cerah ditukar dengan lavender, atau warna merah bisa diganti salmon pastel.

Sedangkan untuk ruangan lain di rumah kos, seperti ruang tamu, atau ruang bersama, anda bisa memilih warna yang lebih membangkitkan energi,seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cat yang menggunakan efek mengkilap (glossy) dapat memantulkan cahaya, sehingga bisa lebih merangsang otak,yang pada akhirnya membuat makin terjaga. Penggunaan cat dengan finishing matte (doff) akan lebih baik bagi kamar kos, karena akan lebih lembut dan membuat tenang.

 

Admin Cokro

admin@cokro.id