Sabtu, 10 Oktober 2020

Mau Bisnis Kos Tetap Bisa Bersaing di Masa Sulit Seperti Sekarang? Simak 4 Tips Berikut Ini

Punya bisnis rumah kos memang kelihatan sebagai investasi bisnis yang baik. Namun di zaman sekarang dengan kebutuhan masyarakat ditopang serba digital, lalu juga kita masih dalam suasana pandemi yang tidak menentu, membuat bisnis rumah kos, tidak lagi bisa dijalankan secara konvensional seperti beberapa dekade terakhir.

Kemajuan zaman dan perkembangan kebutuhan anak kos sebagai pengguna atau customer bisnis rumah kos anda, membuat rumah kos, kini harus bisa juga untuk mengikuti perkembangan zaman, sehingga akan tetap mampu bersaing dan memfasilitasi kebutuhan anak kos, sehingga mereka tetap akan tertarik untuk menyewa kamar di rumah kos anda.

Nah berikut adalah beberapa kiat dari Cokro.com. tentang, apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa terus sukses dalam bisnis rumah kos, yang semakin penuh tantangan di era sekarang:


1.       Membandingkan harga dengan kos-kosan di sekitar

Harga, memang jadi faktor puncak bagi konsumen di zaman sekarang dalam mengambil keputusan untuk membelanjakan uangnya. Ya, situasi pandemi yang belum usai, membuat banyak sektor ekonomi sulit untuk berkembang, bahkan memicu resesi di banyak negara termasuk Indonesia.

Artinya dalam hal ini, anda sebagai pemilik bisnis rumah kos, juga harus mulai menimang – nimang kembali harga sewa kamar kos anda. Apakah perlu dinaikkan, atau justru diturunkan? Salah satu cara untuk bisa mendapatkan keputusan atas hal ini, adalah dengan melakukan survey harga sewa kamar kos di kawasan property anda. Bandingkan harga- harga yang ada, lalu buatlah harga baru yang paling ideal, yang bisa dijangkau oleh anak kos, sebagai calon konsumen anda.

 

2.       Pertimbangkan kembali fasilitas yang ada

Salah satu cara menarik perhatian calon penyewa kamar kos, adalah dengan mempromosikan fasilitas yang dimiliki oleh rumah kos. Rumah kos yang memiliki fasilitas minim, rasa-rasanya sudah sulit dilirik oleh anak kos, meskipun harga yang mereka tawarkan lebih murah. Kenapa begitu?

Karena, di zaman sekarang, kita masih terbatas untuk bisa melakukan aktivitas di luar ruangan. Sehingga berada di lingkungan kos yang terjamin kesehatan dan kebersihannya, menjadi banyak pilihan anak kos.  Tentu saja, hal ini bisa dicapai, jika kos memiliki fasilitas memadai, sehingga anak kos tidak perlu keluar kos-kosan untuk memenuhi kebutuhannya. 
Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas utama bagi mereka. Seperti misalnya, WiFi, ruang belajar, bekerja yang nyaman, laundry, catering, serta juga toko serba ada, hingga kebutuhan seperti pulsa.


 

3.       Menentukan keunggulan rumah kos anda

Ini hal yang penting. Branding, atau seperti apa rumah kos anda ingin dikenal identitasnya, merupakan hal yang urgent pada era millennial dan serba digital seperti saat ini. Sehingga, setelah anda merestrukturisasi harga, memastikan fasilitas, kini waktunya anda memastikan branding atau keunggulan apa dari bisnis rumah anda yang ingin dikenal oleh masyarakat.

Anda bisa mulai membangun branding rumah kos  seperti misalya, dari sisi kenyamanan, sisi keamanan, sisi estetika, kebersihan atau bahkan keramahan lingkungan.

Nantinya, keunggulan ini akan menjadi senjata utama anda dalam melakukan promosi bisnis rumah kos, baik secara daring maupun langsung.

 

4.       Memasukkan bisnis rumah kos anda ke ranah digital

Inilah puncak dari apa yang harus anda lakukan untuk bisa merubah model bisnis kos anda agar bisa bersaing di era digital dan serba daring seperti sekarang. Yaitu, dengan  mulai memasukkan bisnis rumah kos anda ke dalam arena digital.

Seperti apa caranya? Anda bisa memulainya dengan membuak iklan di media sosial, seperti Facebook, Instagram dan juga Twitter. Pergunakan keunggulan  yang sudah ditentukan sebelumnya, sebagai bahan utama kampanye iklan anda.

Selain itu, ada juga berbagai aplikasi yang mampu membantu anda menjalankan bisnis rumah kos, khususnya dalam pengelolaan manajemen. Seperti halnya yang ditawarkan oleh Cokro Host.

Cokro Host merupakan aplikasi super manajemen kos. Artinya dalam satu aplikasi yang bisa diunduh gratis di Play Store ini, anda sudah bisa menjalankan bisnis rumah kos cukup dari genggaman tangan.  Mulai dari promosi, menghitung laba rugi, penagihan, pembayaran tagihan seperti listrik, internet dan TV kabel, semua sudah tersedia dalam satu aplikasi. Sehingga akan mengurangi intensitas anda untuk wajib selalu hadir di rumah kos, dalam rangka melakukan pengawasan. 

Bermitra dengan Cokro Host, membuat anda kini bisa lebih bersantai dalam menjalankan bisnis rumah kos, namun tetap menghasilkan profit dari sana,secara modern. Nah tunggu apa lagi, ayo gabung dengan Cokro Host, sekarang juga!