Minggu, 15 November 2020

Mau Kamar Kos dan Lingkungannya Selalu Bersih? Simak Tips- tips Berikut Ini

Rasa-rasanya diantara anak kos, tidak ada yang suka berlama- lama dalam kegiatan bersih – bersih.

Karenanya, kalian yang anak kos, perlu trik khusus agar bisa bersih  - bersih kamar dan lingkungan kos dalam waktu singkat.

Bukan cuma membersihkan ruangan. Dalam artikel Cokro kali ini juga akan dibeber, bagaimana cara membersihkan barang- barang.

Dengan membersihkan benda – benda yang bisa kamu gunakan di kos, maka hal ini juga akan menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, virus dan bakteri.

Dari pada penasaran, yuk simak tips dan trik bersih-bersih kosan ini.

1.    Gunakan obat kumur untuk mengdisinfektan sikat gigi

Sikat gigi pasti adalah benda pertama yang paling sering kamu gunakan setiap hari. Namun dijamin pasti jarang dibersihkan.

Padahal, setiap kali kita menyikat gigi, bisa jadi kita juga memindahkan bakteri kamar mandi langsung ke dalam mulut kita. Wiih serem ya gengs!

Jika kamar mandi kosan kamu toiletnya jongkok alias terbuka, maka bisa jadi ada partikel limbah di sekitar ruang kamar mandi yang mengendap di berbagai permukaan atau benda.

Karenannya disarankan untuk rajin membersihkan sikat gigi dengan obat kumur, selama dua menit setelah digunakan.

Dan jangan lupa, untuk memakai sikat gigi yang punya penutup, agar semakin steril.

2.    Bersihkan kompor dengan rajin

Punya dapur bersama, pasti kompornya dipakai bergantian. Hmmm ga kebayang kan bagaimana kotoran di atasnya abis dipakai anak satu kosan, kalau ga pernah dibersihkan?

Karena itu, kompor juga jadi benda selanjutnya yang wajib dibersihkan. Karena banyaknya partikel dan sisa minyak membandel yang menempel, berpotensi jadi sarang bakteri.

Bersihkan kompor dengan sabun pencuci piring dengan rutin setiap hari, setelah digunakan. Mungkin kamu bisa bikin jadwal rutin membersihkan kompor bareng anak satu kosan.


     3. Panaskan spons cuci piring di microwave/ godok

       Spons pencuci piring, jelas adalah sarang besar bakteri berbahaya, yang tentu tidak mau kamu         pindahkan ke piring dan gelas, justru ketika sedang membersihkannya.

      Untuk bisa mensterilisasi spons pencuci piring, kamu bisa menaruhnya di microwave selama             satu menit. Ohya tapi sebelumnya kamu basahin dulu ya, biar spons mu tidak terbakar.

      Panas maksimal dari microwave akan membunuh bakteri – bakteri yang ada.

      Kalau di kosan tidak ada microwave, kamu bisa menggunakan cara dengan menggodok spons         di air mendidih selama beberapa detik, kemudian menjemurnya.

       Ulangi cara – cara di atas, ketika spons cuci piring mu sudah berbau tidak sedap lagi.

4.    Membersihkan peralatan masak kayu

Centong, atau sendok berbahayan kayu di dapur bisa rusak, jika memang terlalu sering kena air, dan kurang kering.

Nah, supaya kondisi  nya tetap prima dan tidak membuat kita sakit, maka disarankan untuk bisa menggosok peralatan masak dari kayu ini dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Dengan maksud menghindarkan dari bau tidak sedap yang menyerap.

Kamu juga bisa melapisi peralatan dapur dari kayu ini dengan minyak sayur atau kelapa, kemudian dikeringkan. Menjaganya agar tidak lembab.

Karena ketika terlalu lembab, justru akan menimbulkan jamur di atas peralatan kayu, yang jelas sangat tidak higienis untuk memasak bukan?

5.    Disinfektan matras/ mat di kamar dengan cuka

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak orang yang lebih sering berolahraga di rumah. Mungkin termasuk kamu yang di kosan, sehingga tidak heran kini matras atau mat jadi peralatan wajib untuk olahraga di dalam ruangan.

Sedangkan matras, atau mat yang sering digunakan, khususnya untuk berlolahraga seperti yoga, justru bisa menangkap banyak bakteri. Bukan saja karena terpapar keringat kita, namun juga akibat posisi nya yang lebih sering di lantai.

Karena itu, Cokro menyarankan, untuk bisa lebih sering membersihkan mat atau matras. Minimal setiap kali selesai dipakai, atau seminggu sekali.

Membersihkannya sangat mudah kok gengs, kamu cukup pakai air serta cuka dengan perbandingan 1:1. Cuka ini akan berfungsi sebagai disinfektkan yang menjaga mat kamu tetap bersih dan aman dari penyakit.

Jangan lupa juga untuk dijemur di bawah sinar matahari, setelah dibersihkan ya, agar mat tidak lembab.

Itulah tadi beberapa tips dari Cokro untuk bisa menjaga kamar dan lingkungan kosan kamu tetap bersih dan sehat.

Suka dengan tips – tips semacam ini? Terus ikuti Story Cokro ya!