Minggu, 13 September 2020

Mau Rumah Kos Anda Ramah Lingkungan? Simak Tips Berikut Ini

Konsep berkelanjutan atau sustainability, sekarang bukan saja milik pemerintah atau perusahaan besar. Melainkan juga tepat jika dilaksanakan dalam lingkungan yang lebih kecil, seperti rumah kos. Konsep ini dalam kehidupan sehari - hari, bukan sekedar penggunaan energi tak terbarukan yang minimalis, melainkan juga berkelanjutan adalah tentang gaya hidup ramah lingkungan.

Kita pun juga bisa melakukannya, seperti dari rumah sendiri atau bisnis rumah kos anda. Tingginya angka pencemaran lingkungan plus polusi udara, tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kita. Karena, kedua hal ini akan sangat berpengaruh kepada kualitas kesehatan. Jika tidak dijaga dengan baik, tentu membuka peluang banyak penyakit dan virus akan gampang menyerang.

Sebagai solusi untuk hal ini, memilih lingkungan perumahan atau juga membuat rumah kos yang ramah lingkungan akan bisa dijadikan pertimbangan tersendiri. Seperti dikutip dari Indian Express, setidaknya, ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan rumah kos yang ramah lingkungan. 

1. Merencanakan dan mendesain rumah

Menjadi bagian terpenting, untuk memastikan bahwa ada cahaya dan ventilasi alami yang bekerja maksimal di rumah kos yang anda dirikan. Setiap anda merancang rumah/ kamar kos, anda wajib memperhatikan berbagai elemen seperti halaman, taman, teras, taman atap, dinding hijau vertikal dan kolam air.

Cara - cara tersebut akan bisa kita gunakan untuk mengurangi suhu internal di sekitaran rumah kos, setidaknya antara dua hingga derajat dan menciptakan efek iklim mikro. Konsep berkelanjutan ini akan sangat membantu mengurangi jejak karbon dan penggunaan elektronik, seperti AC dan kipas angin.


2. Pakai pembersih alami

Memakai penggunaan bahan kimia untuk membersihkan rumah kos, sebenarnya juga tidak baik bagi lingkungan. Produk pembersih berbasis kimia juga punya resiko besar seperti memicu luka bakar pada kulit dan mata. Namun sebaliknya, pembersih hijau dan alami, tidak bersifat korosif dan memenuhi standar ketat tentang toksisitas inhalasi dan menyerap di kulit. 

Seperti misalnya, anda bisa menggunakan air sereh untuk membersihkan lantai, karena sereh punya zat yang efektif untuk membunuh kuman secara alami.

3. Gunakan produk daur ulang

Daur ulang akan sangat membantu dalam mengurangi penggunaan energi, khususnya yang tidak terbarukan, serta juga mengurangi polusi dan kebutuhan membuang limbah konvensional yang biasanya banyak dihasilkan dari rumah kos.

Disamping mendaur ulang sampah dan barang bekas, anda juga bisa mencoba memperbaiki furniture rumah tanpa perlu membeli baru. Seperti merubah warna, akan memberikan tampilan yang lebih fresh. Jika ingin membuat tampilan baru pada rumah kos anda, pertimbangkan untuk mendaur ulang furniture.


4. Sistem pengolahan air yang tepat

Air adalah elemen utama yang harus mendapatkan tata kelola secara tepat, khususnya bagi rumah kos dengan banyak penguni. Rumah kos ramah lingkungan, idealnya memiliki sistem khusus untuk hal ini. 

Anda bisa menggunakan sistem pengolahan air yang tepat dan wajib bersih. Bukan sekedar air bersih, namun pengolahan limbah air juga tidak kalah pentingnya. Sehingga lingkungan rumah kos anda dan sekitarnya akan bebas dari pencemaran dan memiliki ketersediaan air bersih yang baik.

Misalnya, air sisa mandi dan cuci pakaian, bisa diolah kembali untuk dijadikan air menyiram tanaman, daripada terbuang langsung ke saluran pembuangan dan mencemari sungai.


5. Buat pupuk kompos

Demi meningkatkan kualitas tanah dan menjaga kelebabban udara, serta nutrisi, anda juga bisa memproduksi pupuk kompos di rumah kos. Pupuk ini akan bisa mengurangi jumlah air yang digunakan untuk berkebun, sehingga membantu melestarikan sumber daya berharga. Selain juga memiliki nilai ekonomi dengan dijual kembali.

Pupuk kompos bisa dibuat dari daun kering, rumput yang dipotong dan sisa limbah dapur organik. Untuk selanjutnya, anda bisa menggunakan kompos ini untuk menanam berbagai sayuran lain. 

Admin Cokro

admin@cokro.id