Kamis, 19 November 2020

Mau Tagihan Listrik Kos-Kosan Anda Tidak Lagi Mencekik? Sebaiknya Simak 4 Saran Berikut Ini

Listrik merupakan kebutuhan utama rumah tangga, begitu juga dengan bisnis rumah kos. Bayar listrik (baik token maupun pra bayar) jadi hal wajib yang pasti dilakukan oleh para pemilik kos.

Karena itu, banyak pemilik kos yang pada akhirnya berlomba – lomba mencari solusi cara mengurangi dan menghemat pemakaian listrik. Meskipun beberapa diantara kos-kosan ada yang memasukkan beban biaya listrik ke dalam tagihan sewa bulanan, namun tidak sedikit bisnis kos yang menagih sendiri uang listrik kepada anak kos, bergantung berapa banyak benda listrik yang mereka gunakan.

Cara ini memang bisa jadi akan mengurangi beban biaya listrik anda. Namun sebenarnya justru menjadi beban anak kos, dan bisa jadi membuat mereka menjadi tidak nyaman.

Salah satu cara terbaik untuk menghemat listrik yang win –win solution adalah dengan mengajak anak kos untuk bergaya hidup hemat listrik. Seperti apa kiatnya? Simak ulasan Cokro ini, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1.       Bijaksana menggunakan lampu


Enggan mematikan lampu ketika sudah tidak dipakai? Sebaiknya hal ini anda singkirkan jauh- jauh dari bisnis rumah kos, jika memang ingin benar – benar berhemat.

Salah satu alasan biaya tagihan listri jebol, adalah karena lampu yang terus menyala. Padahal kita bisa banget berhemat, jika mau menggunakan lampu dengan bijaksana.

Silahkan ingatkan anak kos anda, untuk selalu mematikan lampu, ketika meninggalkan kamar mereka. Begitu juga ketika tidur malam, lampu kamar kos bisa dimatikan, atau diganti lampu tidur dengan watt yang lebih kecil.

Meskipun terdengar sepele, namun mematikan lampu dalam kurun durasi tertentu saja, akan bisa berpengaruh besar dalam menghemat listrik.

2.      Perhatikan watt barang elektronik


Ngomongin hemat listrik, kini anda juga bisa lebih mencermati watt dari barang – barang berdaya listrik yang akan digunakan anak kos. Anda bisa menyarankan, atau membuat aturan tentang batasan daya watt yang bisa mereka gunakan di kamar kos.

Barang elektronik dengan watt rendah, akan bisa membantu menekan tagihan listrik. Namun jangan karena watt kecil lalu boleh menyalakan benda elektronik suka-suka ya.

3.      Jangan menumpuk kabel pada stop kontak


Salah satu hal yang jamak kita jumpai di kamar kos, ya tumpukan kabel di stop kontak ini. Sebaiknya hal ini mulai sekarang jangan dilakukan. Selain berbahaya, juga perbuatan ini memberikan sumbangsih dalam melambungnya tagihan listrik.

Salah satu kebiasaan yang bisa berujung pada penurunan tagihan listrik adalah, dengan tidak menumpuk banyak kabel di satu stop kontak. Karena meskipun tidak digunakan, ketika ditumpuk listrik akan tetap mengalir, walau tidak digunakan.

Nah, agar usaha menghemat listrik anda tidak sia-sia, terapkan kepada anak kos, agar tidak menumpuk daya listrik di satu stop kontak. Selain anda juga bisa menyediakan terminal pararel dengan beberapa stop kontak untuk mengakomodir kebutan listrik mereka.

4.      Pendingin alami


Agar anak kos tidak kegerahan dan menggunakan pendingin ruangan, seperti cooler atau kipas angin yang berimbas kepada bertambahnya tagihan listrik, solusi berhemat yang satu ini wajib anda terapkan.

Anda bisa merancang kamar yang lebih sejuk, dengan menempatkan dua jendela di tiap kamar. Kemudian berikan saran kepada anak kos, agar selalu membuka jendela tersebut, sembari menyalakan kipas angin. Karena dengan begitu, udara panas dari dalam kamar akan terdorong keluar, dan cepat berganti dengan udara sejuk dari luar.

Cara kedua, adalah dengan menaruh beberapa tanaman dalam kamar. Tepatnya di depan jendela. Sehingga menjadi penangkal hawa panas, selain juga memberikan kesan estetik kamar.

Tanaman jenis sensivera atau biasa disebut lidah mertua, adalah salah satu tanaman hias yang bisa anda gunakan. Selain murah, sensivera juga punya daya maksimal dalam menyerap udara kotor, dan menghasilkan oksigen. Selain itu tanaman yang satu ini perawatannya juga tergolong sangat mudah.

Itulah tadi beberapa kiat bagi anda pemilik bisnis rumah kos, ketika ingin menghemat pengeluaran utama yaitu bayar tagihan listrik.  Nah kalau mau bayar tagihan listrik dengan mudah, anda bisa memanfaatkan fitur PPOB yang ada di aplikasi Cokro Host.

Dengan Cokro Host, selain anda bisa memasarkan dan mengelola kos- kosan dengan profesional. Anda juga bisa secara otomatis dan online membayarkan berbagai tagihan rutin, seperti listrik, air dan yang lain.