Jumat, 08 Januari 2021

Mengapa Manajemen Kos Harus Beralih ke Digital, Pada 2021?

Kos-kosan merupakan bisnis yang terus diminati oleh masyarakat, dari segala generasi. Pasive income yang mudah dan cepatnya modal kembali, menjadikan bisnis rumah kos selalu diidamkan oleh setiap orang.

Namun bisnis indekos tidak bisa berjalan begitu saja, dengan hanya punya bangunan dan modal untuk melengkapi fasilitasnya. Karena ada banyak hal dalam manajemen yang perlu dipersiapkan agar kos-kosan bisa berjalan dengan baik, tanpa harus membuat waktu anda tersandera.

Selama ini manajemen kos bisa jadi sudah anda jalankan, namun masih dalam manual. Mulai dari pemasaran, hingga pembukuan yang dilakukan dengan benar-benar menggunakan buku. Sehingga anda harus mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara manual.

Belum lagi soal menagih uang kos kepada anak kos. Dengan sistem manual dan tradisional, anda harus melakukannya door to door. Tentu ini akan semakin menyita waktu anda. Masalah bisa bertambah, jika ternyata ada anak kos yang pembayaranya harus molor karena satu hal dan lainnya.

Disamping itu, anda juga masih perlu membayar berbagai tagihan bulanan dari kos-kosan anda. Seperti air, listrik dan juga internet,serta gaji pengurus dan juga tukang bersih – bersihnya. Hmm, ternyata banyak juga ya.

Beralih ke manajemen digital

Dalam era milenial saat ini yang serba digital dan banyak menuntut kecepatan. Rasanya manajemen tradisional dalam kos-kosan sudah tidak terlalu tepat untuk diterapkan. Karena selain terlalu banyak menghabiskan waktu anda, juga berpotensi mengikis profit kos, karena keuangan yang kurang terkontrol.

Di sinilah diperlukan sebuah sistem manajemen terintegrasi khusus kos-kosan. Yang mampu mengakomodir segala kebutuhan sebuah rumah kos. Mulai dari pemasaran, manajemen kamar, manajemen property, penagihan, laporan keuangan dan banyak hal lain, yang semua bisa terintegrasi dari satu aplikasi.

Lalu, apakah memang ada manajemen digital untuk bisnis kos-kosan. Tentu saja ada.Banyak aplikasi yang menawarkan manajemen keuangan bisnis. Namun yang khusus untuk kos-kosan dan lengkap, jawabannya hanya ada di Cokro Host.

Cokro Host merupakan startup (perusahaan rintisan) yang berkonsentrasi kepada manajemen rumah kos. Startup asal Malang Jawa Timur ini, berkomitmen untuk membantu para pengusaha kos yang selama ini masih menjalankan bisnisnya secara tradisional, dan waktunya banyak tersita, serta belum bisa menghasilkan profit secara ideal.

Berbagai fitur yang disediakan Cokro Host dirancang dengan baik untuk mempermudah anda mengelola bisnis kos-kosan. Seperti manajemen kamar, penagihan online, laporan keuangan otomatis, reminder (kalender pengingat) hingga keberadaan PPOB yang akan memudahkan anda membayar berbagai tagihan reguler hanya dari satu aplikasi saja. Sehingga membuat anda tidak perlu harus pergi kemana- mana, atau juga bergonta – ganti aplikasi, hanya untuk membayar tagihan.

Menariknya, saat ini aplikasi Cokro Host, bisa anda unduh dan gunakan secara gratis di Play Store, melalui ponsel pintar dengan sistem operasi Android.

Ingin mencoba Cokro Host, anda bisa langsung unduh dan daftar, melalui link ini.