Kamis, 28 Januari 2021

Mengapa Pembukuan Begitu Penting Untuk Masa Depan Bisnis Kos-Kosan?

Memiliki rumah kos sebagai bisnis masih menjadi favorit di Indonesia. Profit jangka panjang, pengelolaan yang mudah dan permintaan pasar yang stabil, dinilai banyak orang sebagai sisi positif usaha persewaan  properti tersebut.

Tapi pada kenyataannya, banyak usaha kos-kosan yang justru jalan di tempat, ataupun juga harus kolaps karena ternyata tidak memiliki pengeloaan keuangan dan manajemen yang baik. Namun hal ini bisa kita sadari, karena secara tradisi dan sejarah di Tanah Air, kos-kosan bukan lahir sebagai bisnis murni. Melainkan sebuah usaha sampingan yang yang kebanyakan dikelola secara kekeluargaan. Tanpa sistem yang profesional.

Nah, paradigma  ini yang perlu anda singkirkan jauh – jauh wahai para Juragan Kos. Karena di zaman sekarang, apapun bisnis yang anda kelola, mau itu bisnis sampingan, usaha keluarga ataupun UMKM baru, tentu perlu tata kelola keuangan dan manajemen yang baik.

Untuk sebuah bisnis indekos, manajemen minimal yang anda perlukan adalah sebuah pembukuan. Ya, cukup pembukuan sederhana, berkaitan dengan neraca keuangan (mencatat arus keluar masuk nya uang + keterangan) sudah bisa membuat usaha kos-kosan anda menjadi lebih baik. Kok bisa?

Ya, dengan sebuah pembukuan keuangan sederhana saja, maka anda sekarang sudah bisa mengatur dan mengawasi bagaimana arus uang keluar dan masuk di bisnis kos anda. Termasuk juga bisa merencanakan pengembangan bisnis, karena kini anda sudah bisa melihat bagaimana pola keuangan dalam usaha rumah kos yan anda miliki.

Lalu bagaimana caranya memiliki pembukuan untuk usaha kos?


Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa memiliki pembukuan yang baik dalam usaha indekos anda. Mulai dari yang paling sederhana, anda bisa membuatnya secara manual dengan tulisan tangan di sebuah buku besar.  Kemudian cara berikutnya, masih dengan cara manual, anda bisa membuatnya di laptop, atau komputer pribadi dalam program  excel yang sederhana.

Untuk cara yang lebih modern, anda bisa memanfatakan ponsel pintar anda dengan mengunduh banyak aplikasi pembukuan gratis di Play Store. Hanya saja anda biasanya harus sedikit menyesuaikan tampilan aplikasi – aplikasi tersebut dengan kebutuhan anda di bisnis kos, karena tidak semuanya bisa cocok dengan kebutuhan anda.

Untuk aplikasi paling pas dalam pembukuan keuangan bisnis rumah kos, anda bisa mencoba aplikasi bernama Cokro Host, dari Cokro Indonesia. Ya, Cokro Host dirancang untuk memenuhi kebutuhan anda para pemilik kos dalam mendapatkan laporan keuangan yang mudah dibaca dan dipelajari, mudah untuk dioperasionalkan serta sudah tersistem secara daring, sehingga semakin mempermudah anda.

Cokro Host pun, dapat anda dapatkan secara gratis di Play Store. Mari unduh Cokro Host sekarang juga, untuk mempermudah anda menjalankan bisnis kos-kosan.