Jumat, 06 November 2020

Pandemi Covid-19, Tantangan Berat Bisnis Kos-Kosan dan Solusi Cerdasnya

Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal di muka bumi. Termasuk juga bisnis rumah kos. Banyak diantara pemilik kos-kosan yang pendapatannya menurun drastis akibat pandemi ini.

Setiap bisnis memang memiliki tantangan tersendiri. Begitu juga dengan bisnis rumah kos di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Terbatasnya aktivitas pergerakan manusia dan juga belum adanya izin untuk sekolah dan kuliah tatap muka adalah tantangan terbesar bisnis rumah kos bisa bertahan di tahun 2020 ini.

Karena itu, diperlukan berbagai siasat, tips dan trik untuk bisa tetap bertahan dan menatap cerahnya mentari pasca pandemi yang akan segera tiba. Seperti apa tips nya? Simak ulasan Cokro berikut ini terkait tantangan bisnis kos-kosan dan apa solusinya:

1.       Minimnya arus kas

 

Minim anak kos baru, otomatis juga akan menganggu arus kas bisnis.  Minim pemasukan banyak pengeluaran, itulah yang mungkin terjadi pada kos – kosan anda. Biaya perawatan  tetap berjalan, namun pemasukan terus menurun, karena kamar yang tidak kunjung terisi.

Beberapa hal bisa anda lakukan. Seperti misalnya mengajukan bantuan UMKM dari pemerintah, atau  juga mencoba model bisnis baru bagi rumah kos anda.

Misalnya, jika sebelumnya kos anda khusus mahasiswa dengan durasi kos panjang, kini bisa anda ganti untuk karyawan dengan durasi lebih pendek untuk masa sewa kamarnya.

 

2.       Stres dan kekhawatiran nasib bisnis kos

 

Untuk masalah kecemasan, stres, dan panik, adalah hal yang sulit kita hindarkan di masa pandemi seperti sekarang. Apalagi jika anda adalah pemilik bisnis kecil yang mulai tumbuh dan berkembang. Ketika stres dan resah datang, itu adalah hal wajar. Tinggal bagaimana kita mengatasinya.

Hal pertama yang bisa dilakukan, adalah mencari ketenangan. Bisa dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan berdoa. Melakukan hal yang dianggap menyenangkan, serta jangan lupa makan –makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Jika pikiran anda sudah bisa lebih tenang, maka pelan-pelan mulai susun strategi terbaik, agar bisa terus bertahan di tengah pandemi untuk bisnis kos –kosan anda.

 

3.       Perubahan anak kos

 

Dalam masa pandemi bisa jadi anak kos anda akan mengalami perubahan. Mulai dari perubahan siapa yang ngekos, hingga perubahan perilaku.

Kalau perubahan anak kos, bisa jadi seperti ini. Sebelumnya rumah kos anda khusus mahasiswa/siswi, namun dengan belum dimulainya tahun ajaran baru secara tatap muka, membuat belum ada anak kos dari mahasiswa yang masuk. Tentu hal ini memaksa anda harus merubah strategi agar dapur kos-kosan tetap mengebul, dengan menerima pelanggan dari non mahasiswa.

Nah, perubahan seperti ini anda harus siap. Karena tentu secara karakateristik dan perilaku, antara anak kos mahasiswa dengan karyawan atau keluarga tentu berbeda.

Selain itu perilaku anak kos di masa pandemi dan pasca nya nanti juga pasti berubah. Mereka akan lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Oleh karenanya, anda sebagai pemilik bisnis kos-kosan wajib tanggap, dengan menyediakan peralatan pendukung kebersihan. Seperti tempat cuci tangan, tempat sampah dan juga lebih rajin membersihkan lingkungan kos.

 

4.       Lebih aktif dan efektif dalam menarik perhatian anak kos

 

Bisa jadi selama pandemi bisnis rumah kos anda memang tidak aktif 100%, atau juga sempat tutup sementara? Nah, jelang memasuki akhir pandemi seperti sekarang – sekarang  ini, tentu anda mulai megaktifkan dan kembali menggiatkan bisnis.

Namun jika anda memilih hanya sekedar buka dan tidak melakukan aktivitas marketing yang inovatif, tentu akan sulit terpantau oleh calon pelanggan, bisnis anda yang kembali aktif ini.

Sehingga, anda perlu juga menambah kegiatan marketing, dengan aktif dan efektif. Pemanfaatan teknologi informasi adalah solusi terbaik. Selain melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, memanfatkan aplikasi dan mitra yang khusus menangani manajemen dan marketing kos, akan menjadi solusi yang cerdas.

Seperti halnya Cokro Host, aplikasi super 100 persen buatan Indonesia yang dibuat khusus sebagai mitra anda dalam menjalankan bisnis kos – kosan. Cokro adalah aplikasi yang lengkap, mulai dari pemasaran, mampu menunjukkan detail kamar kos, membantu dalam laporan keuangan, hingga juga melakukan penagihan secara otomatis dan online kepada anak kos.

Meskipun gratis, namun anda tidak perlu ragu untuk bermitra dengan Cokro. Karena Cokro didukung langsung tenaga  - tenaga ahli di bidang teknologi dan manajemen yang kompeten. Jadi tunggu apa lagi, bagi anda pemilik bisnis kos-kosan, ayo gabung dengan Cokro, sekarang juga!