Senin, 23 November 2020

Pemilik Kos Mau Buka Usaha Sampingan Tapi Kesulitan Modal? Silahkan Coba Tips Berikut Ini

Punya usaha sendiri memang dambaan setiap orang. Begitu pula dengan pemilik usaha rumah kos. Meskipun sudah memiliki usaha utama kos-kosan, namun banyak diantara pelaku usaha kos yang masih menginginkan punya usaha sampingan.

Ya, karena dengan bisnis sampingan, akan bisa menambah pemasukan dari bisnis utama rumah kos. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Bagi kos-kosan yang mengandalkan mahasiswa, tentu ini adalah masa yang sulit. Sehingga membutuhkan pemasukan tambahan agar roda bisnis dan kehidupan bisa terus berputar.

Salah satu yang menjadi kendala bagi diri kita untuk bisa memulai bisnis kecil atau usaha sampingan adalah modal. Meminjam dari perbankan adalah cara yang paling mudah namun tentu saja beresiko. Namun ada kok cara yang lebih minim resiko dalam kita mendapatkan modal untuk bisnis sampingan kita. Seperti apa itu? Simak ulasan Cokro berikut ini:

Mendaftar di forum pendanaan investor


Bagi anda yang sudah memiliki portofolio bisnis, seperti rumah kos misalnya, cara termudah untuk mendapatkan modal bagi bisnis baru anda, adalah dengan mendaftar di forum – forum pendanaan investor. Apa itu forum pendanaan investor?

Forum pendanaan investor, adalah media para investor yang ingin menanamkan dana dan modal mereka pada sebuah bisnis, bisnis kecil, atau ide bisnis yang menarik dan berpotensi. Saat ini sudah banyak forum pendanaan investor di Indonesia. Seperti misalnya East Ventures yang selalu terbuka dengan ide dan bisnis baru.

Forum seperti ini, memang biasanya ditujukan untuk bisnis kecil yang mulai berkembang. Selain anda tidak harus memberikan jaminan seperti di bank, dalam forum seperti ini, anda juga berpotensi mendapatkan investor, sekaligus juga mentor bisnis yang tepat.

Menjual barang lewat internet


Cara kedua yang juga cukup mudah bisa anda tempuh dalam mendapatkan modal demi memulai bisnis sampingan, setelah kos-kosan, adalah dengan menjual barang secara daring.

Menjual barang untuk mendapatkan modal, adalah cara paling tradisional dan aman dalam mendapatkan pendanaan untuk bisnis baru.

Anda bisa memanfaatkan berbagai market place atau media sosial untuk bisa menjual barang yang akan dijadikan modal. Baik itu kendaraan bermotor, atau juga barang elektronik dan benda berharga lainnya.

Jika barang memang bernilai tinggi, selalu usahakan untuk bertemu langsung dengan calon pembeli, agar menghindarkan dari kejadian tidak mengenakkan, semisal penipuan.

Ataupun jika memang tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, usahakan transaksi melalui rekening bersama (rekber) melalui market place yang kini sudah banyak tersedia, seperti misalnya Tokopedia.

Nantinya, uang hasil penjualan barang ini, akan bisa anda manfaatkan sebagai modal awal membangun usaha sampingan, yang akan mendampingi usaha utama anda yaitu rumah kos.

Sebagai pemilik rumah kos, anda juga bisa menggunakan aplikasi manajemen kos seperti CokroHost. Cokro akan memudahkan anda dalam, memasarkan, mengelola dan juga merencakan bisnis kos anda ke depan.