Senin, 14 September 2020

Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos, Sebaiknya Anda Perlu Memperhatikan 6 Hal Ini

Harus disadari bahwa rumah dan kamar kos, sekarang menjadi elemen penting di lingkungan perkotaan, baik untuk karyawan, mahasiswa dan pelajar, yang berasal dari luar wilayah.

Kos-kosan menjadi pendukung penuh bagi mereka yang mengenyam pendidikan atau juga bekerja jauh dari luar daerah asalnya.

Jika kita melihat dari sisi pengusaha dan bisnis, rumah kos merupakan peluang yang cukup menjanjikan untuk dijadikan salah satu usaha anda. Bagaimana tidak, dengan hanya merombak sebuah rumah, dengan menambahkan beberapa kamar dan fasilitas tambahan, anda sudah bisa menikmati penghasilan tanpa bekerja.

Namun, untuk bisa membangun bisnis rumah kos yang menghasilkan, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan, demi usaha tersebut bisa efektif.

1.   Survey lokasi calon rumah kos

Anda wajib untuk bisa melakukan survey secara baik dan mendetail di lahan/ lokasi yang anda incar untuk dijadikan rumah kos. Dekat dengan kampus, kawasan industri, atau sekolah, merupakan pilihan yang paling tepat.

Namun jika di kawasan tersebut sudah padat dengan rumah kos lain, maka peluang pun masih ada dengan membuat di kawasan satelit nya.

Selain posisi dengan competitor, dalam survey anda juga harus mempertimbangkan kemudahan akses,fasilitas umum dan juga keamanan.

 

2.   Bangun Rumah/ Kamar Kos yang Layak

Kenyamanan tidak selalu terkait dengan kemewahan. Anda cukup menyediakan kamar yang bersih dan terawat serta memiliki furniture yang layak digunakan. Tentu saja,aspek keamanan tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena akan sangat berhubungan dengan kenyamanan penghuni rumah kos anda.

Buatlah bangunan yang ramah lingkungan dan memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang maksimal. Fasilitas standar yang ideal, jaminan keamanan bagi penghuni,seperti CCTV atau penjaga keamanan, serta juga aturan yang membuat penyewa kamar kos merasa tenang dan aman, seperi aturan jam malam pukul 22.00 WIB.

 

3.   Harga Sewa Kamar Kos

Mengambil keputusan berapa anda akan sewakan kamar kos, bukan hal yang sulit namun juga tidak mudah. Jika terlalu mahal, maka rumah kos anda akan sulit mendapatkan penghuni.Tapi jika terlalu murah, anda juga akan merugi, karena antara pengeluaran/ modal dan pendapatan tidak berimbang.

Setidaknya ada tiga faktor utama untuk menentukan harga sewa kamar kos yaitu, lokasi, fasilitas,serta daya beli di wilayah tersebut.

Rumah kos yang semakin dekat dengan perkantoran, kampus relatif bisa mematok harga lebih tinggi. Adanya fasilitas tambahan seperti AC, WiFi juga memberikan pengaruh soal patokan harga tersebut.

 

4.   Layanan Tambahan di Rumah Kos

Adanya fasilitas penunjang juga biasanya dijadikan pertimbangan bagi calon penghuni rumah kos.Apalagi, jika anda tidak memberikan beban biaya tambahan untuk fasilitas tersebut.

Banyak fasilitas tambahan yang bisa anda sediakan dengan dibundling harga sewa kamar,sehingga akan terasa lebih murah, seperti misalnya: tempat parkiran yang luas, jaringan internet, kamera CCTV,  dan ruang kerja/ belajar (co-working space).  Selain itu anda juga bisa menawarkan fasilitas laundry hingga catering, sehingga penghuni tidak perlu mencari layanan yang sama di luar. Dan tentu saja, hal ini akan memberikan anda tambahan pemasukan.

 

5.   Akrab Dengan Penghuni Kos

Cara ini sangat tepat dilakukan agar penghuni selalu merasa nyaman. Bahkan juga mereka bisa menjadi marketing tidak langsung dari bisnis rumah kos anda, karena akan memberikan rekomendasi kepada orang lain, karena keramahan anda.

Usahakan selalu menjalin komunikasi dengan baik kepada semua penghuni, sehingga terjalin keakraban dengan mereka.

 

6.   Jangan Lupa Promosi!

Dengan perkembangan media sosial dan massa digital, anda bisa melakukan promosi melalui berbagai platform, seperti story, timeline media sosial, bahkan iklan baris.

Seperti juga memanfaatkan platform Super App untuk manajemen kos, Cokro Host. Yang akan membantu anda, bukan saja promosi, namun juga mengelola manajemen kos anda.