Rabu, 14 April 2021

Sebelum Menerima Anak Kos Dari Luar Kota, Pengusaha Indekos Perlu Perhatikan Hal - Hal Ini

Bisnis rumah kos kembali mulai bergeliat, seiring pemerintah dan pihak kampus mulai bersiap menerima pembelajaran tatap muka. Hal ini akan membuat mahasiswa yang sebelumnya berkuliah online, akan kembali ke kota tempat mereka belajar masing – masing, dan otomatis akan membawa berkah bagi usaha indekos.

Namun di tengah pandemi yang belum berakhir 100%, tentu berbagai hal perlu diantisipasi dan disiapkan para pengusaha rumah kos, agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan aman. Berikut adalah berbagai hal yang perlu anda siapkan sebelum rumah kos bisa kembali menerima para penyewa dari mahasiswa luar kota.

1.Protokol kesehatan

Kesehatan jadi hal utama yang perlu diperhatikan dalam berbagai aspek kehidupan sekarang ini. Sehingga mempersiapkan protokol kesehatan demi menjaga kondusifitas rumah kos sangatlah penting sebelum anda menerima anak kos.

Sebelum memulai membuka rumah kos untuk mahasiswa dari luar daerah, anda bisa berkoordinasi dengan satgas dan penanggung jawab PPMK Mikro yang ada di wilayah rumah kos, untuk bisa mendapat masukan, tentang apa –apa saja yang perlu disiapkan sebagai bagian dari protokol kesehatan dalam menerima anak kos dari luar kota.

2. Kebersihan ekstra

Masih berkaitan dengan kesehatan, maka seperti perumpaan lama “bersih pangkal sehat”, maka di lini kebersihan, anda juga harus memberikan perhatian lebih. Demi bisa memberikan rasa tenang kepada penghuni kos dan anda sendiri sebagai pemilik indekos.

Anda bisa menyiapkan tempat cuci tangan di bagian depan kos, serta hand sanitizer di beberapa titik rumah kos. Begitu juga dengan petugas kebersihan. Jika mungkin sebelumnya anda tidak punya, kini saatnya menyiapkan petugas khusus untuk bisa memelihara kebersihan di lingkungan rumah kos.

3.Pendataan anak kos yang lebih detail

Langkah selanjutnya, anda juga perlu mempersiapkan pendataan kepada anak kos dengan lebih detail. Mulai dari biodata, riwayat perjalanan, riwayat kesehatan, hingga juga nomor kontak darurat dan juga keluarga yang bisa dihubungi. Termasuk langsung menghubungi keluarga, sebagai langkah konfirmasi.

Hal ini perlu dilakukan guna mengetahui lebih lanjut profil anak kos. Salah satu cara mudah untuk bisa melakukan pendataan anak kos, adalah dengan anda memanfaatkan aplikasi Cokro Host, yang sudah dilengkapi data lengkap anak kos. Sehingga anda tidak lagi repot – repot haru mewawancarai anak kos secara langsung.

4.Minimalisir tatap muka langsung

Sebagai owner rumah kos, memang sudah kewajiban anda untuk bisa terus melakukan pemantauan bisnis anda tersebut. Namun dalam masa pandemi seperti saat ini, ada baiknya anda menghindari terlalu sering bertatap muka dengan banyak orang, misalnya dengan anak- anak kos.

Lalu bagaimana cara maintenance tanpa harus berkunjung? Selain menjalin komunikasi intens dengan penanggung jawab rumah kos (penjaga), anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus manajemen kos Cokro Host. Aplikasi ini memberikan banyak kemudahan bagi anda. Mulai dari penagihan uang sewa secara online dan otomatis, hingga laporan keuangan yang mudah dan online. Semua bisa diakses hanya dari ponsel pintar di genggaman tangan anda.

 

Itulah, beberapa hal yan perlu anda persiapkan sebagai Juragan Kos sebelum anda bersiap menerima anak kos dari luar kota, dan kembali merasakan cuan mengalir ke kantong anda, setelah setahun lebih berpuasa.