Senin, 28 September 2020

Selama Menunggu Pandemi Berakhir, Ini 4 Hal Yang Bisa Dilakukan Kepada Rumah Kos Anda Agar Tetap Produktif

Masa pandemi menjadi masa yang sulit bagi semua orang. Bahkan juga pengusaha rumah kos, yang biasanya dikenal sebagai ‘juragan’ karena memiliki penghasil pasif yang besar. Namun dengan belum aktifnya kampus,  serta berbagai pembatasan mobilisasi masyarakat, demi mengantisipasi menyebarnya virus Covid-19, banyak pengusaha rumah kos yang harus pusing tujuh keliling karena minimnya tingkat hunian dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, tidak ada badai yang tidak berakhir. Dengan optimisme tinggi, tentu kita yakini bahwa pandemi  global ini akan segera mencapai ujung lorongnya. Apalagi, dengan mulai adanya perkembangan positif dari penelitian vaksin di berbagai belahan dunia. Bahkan Pemerintah Indonesia merencanakan, akan mulai mendistribusikan vaksin pada akhir tahun 2020. Tentu saja ini menjadi sinyal positif, bagi para pengusaha rumah kos di Tanah Air.

Sembari menunggu waktu itu tiba, tentu, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pengusaha rumah kos, agar lokasi usahanya bisa terus bertahan, berjalan dan menyambut para calon penghuni, pasca pandemi nanti.  Lalu apa saja yang bisa dilakukan, oleh pengusaha rumah kos selama masa pandemi ini untuk terus menjaga bisnisnya tetap berjalan? Simak ulasan Cokro berikut ini:

 

1.       Sewa harian


Jika standarnya rumah kos anda memang disewa dengan sistem bulanan, atau paket per tahun. Namun dengan okupansi yang buruk, akibat perkuliahan yang masih daring. Anda bisa merubah sistem rumah kos menjadi harian. Dan bisa diperuntukkan bagi karyawan yang sedang dinas ke luar kota dalam waktu yang tidak terlalu lama.

 

2.       Berternak ikan cupang


Ikan cupang sekarang sedang menjadi tren. Nah, buat anda yang memang hobi dengan memelihara makhluk hidup dan juga juragan kos, boleh juga memanfaatkan kamar  - kamar kos yang sedang tidak dihuni menjadi tempat menternakkan ikan cupang, yang memang tidak membutuhkan ruangan  -  ruangan besar.

 

3.       Working space


Saat ini konsep ruang kerja bersama juga tengah menjadi tren. Tentu anda juga bisa mengubah beberapa kamar kos yang belum berpenghuni (khususnya yang punya luasan lumayan) menjadi co working space  - co working space kecil, dan menyewakannya kepada para pekerja lepas, yang kini banyak dituntut harus bekerja dari luar kantor.  Tentu saja, anda harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

4.       Bersiap pasca pandemi


Hal yang bisa anda lakukan lainnya adalah, mempersiapkan bisnis anda untuk menyambut calon penghuni baru, ketika pandemi mereda atau bahkan sudah berakhir.  

Persiapan bisa dilakukan mulai dari mengecek semua kondisi kamar, dan memastikan bahwa tetap bersih dan tidak ada yang rusak. Kemudian kondisi bangunnan, kamar mandi, dapur, juga anda harus perhatikan.

Serta, tentu saja fasilitas kebersihan, seperti  tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga desinfektan.

Disamping juga, anda bisa mempersiapkan manajemen baru untuk rumah kos anda, agar makin modern, serta mudah dijalankan dan terus menghasilkan keuntungan. Seperti halnya bergabung dengan Cokro Host, yang menawarkan berbagai fitur yang siap memanjakan anda, sebagai pemilik usaha kos-kosan. 

Admin Cokro

admin@cokro.id