Rabu, 06 Januari 2021

Strategi pemasaran bisnis kos paling efektif di 2021

Tahun 2020 bisa jadi mimpi buruk bagi banyak sektor bisnis, khususnya pada bisnis rumah kos alias kos-kosan. Bagaimana tidak, seluruh kampus yang selama ini menjadi pasar paling besar indekos harus melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Akibat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir setahun terakhir.

Banyak pengusaha rumah kos yang kehilangan omzetnya cukup drastis.Di wilayah Malang Jawa Timur misalnya omzet dan tingkat hunian mereka bisa menurun hingga 70% an. Hal tersebut dipicu dari hunian rumah kos di Malang yang memang didominasi oleh mahasiswa.

Namun, dimulainya vaksinasi Covid-19 di Indonesia pada Januari 2021 ini memberikan secercah harapan besar. Termasuk bagi bisnis kos-kosan untuk kembali bangkit. Setidaknya setelah vaksinasi telah dilakukan dan distribusi nya mulai merata, besar harapan angka infeksi virus asal Wuhan China ini bisa ditekan, dan terus menormalkan sendi – sendi kehidupan termasuk juga kegiatan belajar mengajar, kerja dan industri yang selama ini jadi nafas dari kos-kosan.

Lalu apa yang diperlukan untuk menghadapi harapan baru dunia kos di tahun 2021 ini? Berikut Cokro Indonesia akan memberikan tips dan ulasan strategi pemasaran yang bisa anda coba terapkan bagi para juragan kos.

Membaca pasar kembali

Bagi pemilik kos lama, memang sudah memiliki pasar dan jalur pemasaran yang sudah terbangun. Namun pandemi bisa jadi merubah segalanya. Sehingga, anda perlu untuk kembali mereview bagaimana pasar yang anda sasar.

Kembali diperlukan analisa pasar, untuk menentukan target siapa yang akan anda sasar pasca pandemi ini. Apakah dari daerah tertentu, untuk pria, wanita, atau pekerja,serta juga keluarga?

Anda perlu kembali memetakan pasar, untuk bisa mengetahui kosan anda masih pas untuk pasar yang lama, atau juga perlu mencari pasar baru, agar tingkat huniannya pasca pandemi bisa kembali bagus seperti sebelumnya.


Meningkatkan fasilitas kebersihan

Salah satu hal utama yang akan diperhatikan oleh calon anak kos, pasca pandemi nanti adalah fasilitas kebersihan dan kesehatan. Karena kesehatan dan kebersihan, adalah isu utama yang kini sangat diperhatikan oleh seluruh umat manusia di muka bumi, dalam masa pandemi seperti sekarang.

Kos-kosan yang lebih memperhatikan kebersihan, akan memiliki nilai plus bagi calon anak kos,ketika mereka mencari hunia baru. Sedangkan rumah kos yang kurang bersih, tentu membuat calon penghuni kos akan berpikir dua kali, kecuali anda menawarkan fasilitas ataupun lokasi yang super strategis.

Menjaga kebersihan, bisa anda lakukan dengan memiliki petugas khusus untuk hal tersebut. Serta menambahkan tempat cuci tangan dengan sabun, dan juga disinfektan dan hand sanitizer di sudut – sudut kosan.

Menata manajemen berbasis digital

Dalam era 4.0, di mana anak kos sudah sangat akrab dengan teknologi informasi berbasis digital. Maka sebagai pemilik rumah kos, anda pun harus mulai menerapkan hal yang sama dalam manajemen usaha anda.

Seperti menerapkan pembukuan secara daring, atau juga digital. Bukan lagi pembukuan secara manual, dengan benar – benar menggunakan buku seperti yang dahulu banyak digunakan. Banyak aplikasi yang kini mendukung pembukuan digital. Namun anda harus bisa menemukan aplikasi yang cocok dengan bidang usaha anda, yaitu kos-kosan.

Salah satunya adalah seperti yang ditawarkan Cokro Indonesia, melalui aplikasinya Cokro Host. Aplikasi yang dibuat khusus untuk pemilik rumah kos ini, menyediakan berbagai kebutuhan yang lengkap dan tepat bagi anda untuk menjalankan bisnis indekos.

Mulai dari manajemen kamar, property, pembukuan secara daring, hingga kalender dengan pengingat, serta juga PPOB yang sudah terintegrasi, sehinga memudahkan anda untuk bisa membayar berbagai tagihan, yang secara otomatis tercatat dalam laporan keuangan yang mudah dibaca.

Untuk bisa mendapatkan layanan manajemen dari Cokro Host, anda cukup mengunduh secara gratis di Play Store untuk android. Selanjutnya anda tinggal mengisi data diri dan property yang diperlukan, untuk selanjutnya langsung bisa anda gunakan.

Keuntungan memakai manajemen kos digital ini, adalah sangat mudah dijalankan. Hanya cukup dari genggaman tangan (handphone) anda sudah bisa mengatur dan mengawasi manajemen rumah kos anda, berapa kamar pun, dan berapa pun jumlah kos yang anda miliki.


Pemasaran online

Setelah memikirkan manajemen digital yang mudah dan canggih. Untuk pemasaran, anda juga perlu memakai teknologi yang sama, yaitu daring.

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, sebagai agen pemasaran daring anda. Tinggal anda bagaimana mengolah foto,video dan juga kata – kata marketing yang tepat untuk menarik perhatian dari calon penyewa kamar kos.

Selalu usahakan menonjolkan keunggulan dari rumah kos anda, dalam setiap iklan usaha kos anda di media sosial. Seperti misalnya kamar yang bersih, lokasi strategis, lingkungan yang asri, dan banyak hal yang anda rasa bisa jadi keunggulan.


Itulah, beberapa tips dalam menyusun strategi pemasaran untuk bisnis kos-kosan pada 2021. Semoga di tahun yang baru ini memang bisa memberikan banyak harapan dan cuan terbaik bagi bisnis kita semua.