Minggu, 18 Oktober 2020

Tips Membuat Kamar Kos Yang Nyaman dan Bersih Untuk WFH

Bekerja dan belajar dari rumah sekarang sudah menjadi kelumrahan dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita tidak boleh terlalu sering berinteraksi di luar rumah demi menghindari persebaran virus corona.

Hal ini tentu juga harus bisa disikapi dengan kreatif dan bijak bagi anda yang pemilik usaha rumah kos, alias juragan kos-kosan, agar mampu terus bisa menarik perhatian penyewa kos, serta tetap menjaga protokol kesehatan.

Salah satu caranya, adalah mengubah desain kamar kos, agar nyaman untuk digunakan Work From Home (WFH) atau Learn From Home (LFH) bagi para penghuni kos.

Tantangan bagi anda pemilik usaha rumah kos, tentu saja bagaimana memaksimalkan kamar kos yang relatif sempit untuk bisa jadi ruang kerja dan istirahat jadi satu. Dengan ukuran yang tidak luas, tentu saja kamar kos tidak bisa diisi dengan meja kursi kantoran.

Namun, seperti dilansir dari Brilio.net, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merubah kamar kos juga menjadi ruang kerja, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, namun sudah bisa mendapatkan fungsi sebagai ruang kerja dan belajar juga. Seperti apa, simak berikut ini:

 

1.   Menggunakan lampu dinding untuk menghemat tempat


Meja yang lapang menjadi poin penting dalam produktivitas. Salah satu trik menjaga meja selalu bersih, adalah menyingkirkan barang – barang yang tidak mendukung kerja dan belajar. Alih – alih memakai lampu duduk di meja, anda bisa menggantinya dengan lampu dinding yang tidak akan mengurangi space di meja belajar/ kerja.

 

2.   Tempat gawai di rak dinding

 

Gawai yang tidak punya tempat sendiri, kadang justru bikin kurang fokus ketika bekerja, atau belajar di dalam kamar kos, karena kadang harus bingung mencari-carinya. Atau ketika sedang di charge posisi nya jauh dari meja kerja/ belajar. Solusinya adalah, anda sebagai juragan kos-kosan, bisa menyediakan rak dinding minimalis di dekat meja belajar, khusus untuk anak kos yang sedang WFH bisa menaruh gawai mereka, khususnya ketika di charge.

 

3.   Tempat barang gantung di dinding

 

Anak kos pasti sering bingung di mana gawai, di mana pensil, botol minuman dan berbagai pernik kecil lainnya, ketika kamar kos berantakan, atau harus berserakan di atas meja. Yup, tapi ada solusinya untuk masalah ini, yaitu anda  bisa menaruh papan dinding berlubang, yang banyak digukan di toko asesoris. Anak kos tinggal menggantungkan barang – barang nya di sana.

 

4.   Merapikan barang di tempat pengatur meja

 

Setelah kerja dan belajar, bisa dipastikan barang – barang kecil seperti pulpen, penggaris, memo dll akan berserakan, dan biasanya dibiarkan begitu saja oleh anak kos. Untuk bisa membuat mereka lebih nyaman, anda bisa menyediakan wadah pengatur meja, yang banyak dijual di toko – toko plastik.

 

5.   Merapikan baju di gantungan berpengait

 

Anak kos vs baju rasanya adalah lawan berat, hehehe. Banyak diantara anak kos yang memang tidak bisa rapi dalam menaruh pakaian. Selain membuat suasana kamar menjadi ruwet, juga menjadikan kamar sebagai tempat WFH kurang bersih dan higienis. Sehingga baju tetap harus rapi. Solusi  yang bisa anda berikan, adalah, dengan menyediakan gantungan dengan pengait namun bukan hanya satu dua, tapi sediakan cukup banyak, sehingga bisa menampung lebih banyak lagi pakaian.

 

Admin Cokro

admin@cokro.id