Rabu, 16 September 2020

Wajib Diperhatikan! 3 Hal Ini Yang Bisa Bikin Bisnis Rumah Kos Anda Selalu Menguntungkan

Bisnis rumah kos selalu memiliki daya tarik sebagai pilihan investasi favorit di Indonesia. Hal tersebut, tidak lepas dari keberadana bisnis rumah kos yang memang sudah tumbuh dan berkembang menjadi bagian dari tradisi di Indonesia, yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Besarnya kebutuhan pasar atas kamar kos dan potensi pendapatan pasif, menjadi dua hal utama dari bisnis rumah kos banyak diburu oleh masyarakat. Walaupun memang bisnis penyewaan property yang satu ini juga tidak lepas dari tantangan – tantangan besar, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Selain pemasaran, permasalahan yang banyak dihadapi oleh pemilik rumah kos, adalah terkait dengan manajemen dan juga pengelolaan rumah kos. Karena bisnis kos, bukan sekedar property, melainkan juga bagaimana mengelola para penyewa kamar kos, agar selalu merasa nyaman dan aman.

Sulitnya melakukan pengelolaan terhadap anak kos, dan kebutuhan property nya, membuat banyak pemilik bisnis kos berpotensi kehilangan penghuninya.Sehingga di era seperti sekarang ini, demi menambah daya okupansi, para pemilik bisnis kos perlu bekerja sama dengan platform aggregator dan super app kos, seperti halnya Cokro Host.

Ada beberapa  penyebab, yang membuat bisnis rumah kos tidak berjalan dengan baik di Indonesia.

Penyebab pertama, adalah pendapatan yang tidak stabil. Kemudian yang kedua, adalah rumitnya pengelolaan rumah kos. Sehingga seringkali kamar terisi penuh, namun pemilik bisnis tidak mendapatkan keuntungan yang layak.

Untuk mengatasi dua hal tersebut, maka setidaknya ada tiga hal yang harus dicapai, atau dilakukan oleh para pemilik bisnis rumah kos. Yaitu:

1.      Jaminan pendapatan stabil

Pemilik usaha rumah kos perlu bisa mendapatkan pemasukan yang stabil di setiap bulannya, bahkan meningkat, demi bisa mencapai tutup modal, atau juga mendapatkan keuntungan yang ideal. Hal tersebut bisa didapat dengan adanya tingkat hunian yang bukan hanya tinggi, namun juga stabil.

Pada Cokro Host, hal tersebut juga menjadi perhatian, dengan berbagai fitur yang mendukung pemasaran kamar kos. Mulai dari data yang terperinci, hingga kamera 360 derajat, yang membuat calon penghuni, tidak harus berkunjung untuk bisa mengetahui secara detail calon kamar kos yang ingin dia sewa.

Tentu saja, hal ini juga membuat pemilik kos, tidak harus selalu siaga di rumah kos, untuk melayani para calon penyewa yang ingin melihat – lihat. Selain juga mendukung program protokol kesehatan saat ini dari pemerintah, yaitu menjaga jarak, dan mengurangi pergerakan orang. 


2.      Manajemen dan laporan yang baik

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa manajemen juga menjadi salah satu kendala bagi para pemilik bisnis kos, untuk mengoptimalisasi pendapatan. Banyaknya hal yang diurus, mulai dari operasional rumah kos, tagihan, keluar masuk penyewa, hingga penagihan sewa kepada anak kos, acapkali menyita waktu dan tenaga juga.

Tidak ayal, adanya kesalahan dalam melakukan manajemen tersebut, justru membuat pendapatan berkurang, meskipun kamar kos selalu sold out. Hal tersebut bisa saja terjadi, ketika ada biaya – biaya yang tidak tercatat dengan baik , khususnya dalam perawatan property rumah kos.

Melihat fenomena ini, Cokro Host akan membantu anda dengan fitur laporan keuangan, juga pengingat jadwal (reminder),penagihan otomatis, hingga PPOB.

Fitur laporan keuangan, akan membantu mencatat setiap transaksi baik keluar maupun masuk yang berkaitan dengan bisnis rumah kos anda. Secara otomatis, laba dan rugi pun akan tertera di aplikasi anda secara real time.

Kemudian, fitur pengingat jadwal juga disematkan Cokro Host, agar anda selau teringat akan kegiatan/ jadwal dan peristiwa penting yang berkaitan dengan bisnis rumah kos anda. Seperti misalnya waktu bayar air, listrik, atau juga  jadwal kunjungan tukang.

Selanjutnya dengan sistem penagihan otomatis, akan membantu anda melakukan penagihan secara regular dan otomatis kepada semua penyewa kamar  anda. Sehingga anda tidak lagi perlu harus repot – repot menagih dari kamar ke kamar. Semua yang dibayar akan langsung masuk ke rekening anda.

Terakhir, dengan PPOB, anda pun tidak lagi harus repot kesana kemari hanya untuk membayar berbagai tagihan bisnis rumah kos anda.Cukup dari aplikasi Cokro Host di genggaman, anda sudah bisa menbayar berbagai tagihan, yang juga bisa langsung diambil dari rekening anda.

Baca juga: Mau Rumah Kos Selalu Adem dan Ramah Lingkungan, Simak 6 Tips Ini

3.      Pendapatan Pasif

Poin penting dari menariknya bisnis rumah kos, adalah, adanya potensi pendapatan pasif yang luar biasa dari para penyewa kos. Hanya saja hal tersebut memang bisa tercapai ketika, hunian anda selalu penuh, punya sistem yang ideal dan terencana, juga memiliki sistem promosi yang efektif dalam menjaring para penyewa kamar kos.

Dengan bermitra dengan Cokro Host, maka anda akan memiliki peluang yang lebih besar dalam memasarkan kamar kos anda. Selain sistem etalase kamar Cokro Host yang detail dan memudahkan para calon penghuni untuk mengetahui bagaimana kondisi kamar terkini. Juga karena Cokro memiliki jaringan pemasaran secara online yang luas, dengan didukung media  - media sosial dengan basis yang besar, dan sistem yang  mudah menjangkau calon penyewa.

Sehingga kini, anda tidak lagi harus bersusah payah untuk  memasarkan kamar kos anda secara konvensional dengan memasang banner atau juga pasang iklan di media. Sekarang, semua jurus pemasaran tersebut, sudah bisa anda lakukan dalam genggamanan hanya bersama Cokro Host.

Bagaimana, apakah anda sudah siap untuk bisa meraih profit sambil bersantai dalam bisnis rumah kos, bersama CokroHost?

Admin Cokro

admin@cokro.id